Pemkab siapkan dana TKD ASN Rp110 miliar

id PEMKAB SIAPKAN DANA TKD ASN RP110 MILIAR,oku,tkd,asn,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Tunjangan Kinerja Daerah

Pemkab siapkan dana TKD ASN Rp110 miliar

Arsip- PNS mengikuti apel pagi. (ANTARA)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan dana Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahan daerah setempat pada tahun ini mencapai Rp110 miliar.

"Namun jumlah Rp110 miliar ini belum final karena masih harus dihitung oleh pihak ketiga sebelum dibayarkan kepada ASN penerima," kata Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu Ahmad Tarmizi di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan bahwa dalam merealisasikan TKD ASN tersebut, pemerintah daerah setempat harus menyiapkan anggaran yang tidak sedikit, yaitu dengan estimasi mencapai Rp110 miliar per tahun.

Dia mengemukakan saat ini Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu sedang mematangkan skema tentang rencana pembayaran TKD tersebut untuk dianggarkan pada APBD Perubahan 2019.

"Diupayakan pemberian TKD ini terealisasi pada pertengahan tahun ini yang dibayarkan melalui dana APBD Perubahan 2019," kata dia.

Dia menjelaskan bahwa besaran tunjangan yang akan dibayarkan kepada setiap ASN tersebut, disesuaikan dengan beban kerja, tugas, kinerja, dan kepangkatan pegawai.

Nilai tunjangan paling rendah yang akan diterima ASN, kata dia, yaitu Rp1,5 juta per bulan dan tertinggi Rp2,1 juta per bulan.

Pemberian TKD itu, lanjut Tarmizi, untuk menyejahterakan para pegawai dan sekaligus guna meningkatkan disiplin serta semangat kerja para ASN di lingkungan pemerintahan daerah setempat.

"Tolak ukur disiplin kerja setiap ASN melalui absensi `finger print` di instansi masing-masing," kata dia.