Pemkot Palembang jalin kerjasama dengan Ralali maksimalkan potensi UKM

id Pemkot Palembang,ralali,UKM

Pemkot Palembang jalin kerjasama dengan Ralali maksimalkan potensi UKM

Pemerintah Kota Palembang melalui Pemerintah Kecamatan Kalidoni melaksanakan tanda tangan MoU dengan PT.Raksasa Laju Lintang (Ralali), Rabu (16/1). (ANTARA News Sumsel/Fernando Tri Tanjung/Erwin Matondang/19)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Dalam memaksimalkan potensi Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Palembang, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Pemerintah Kecamatan Kalidoni melaksanakan tanda tangan MoU dengan PT.Raksasa Laju Lintang (Ralali). 

Tandatangan MoU ini disaksikan langsung oleh Walikota Palembang H. Harnojoyo di Runah Dinas Walikota Palembang, Rabu (16/1).

"UKM merupakan urat nadi perekonomian bangsa ini termasuk di Palembang, tumbuh kembang UKM sangat kita dorong untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat" kata Harnojoyo. 

Harnojoyo berharap UKM yang bergabung dapat memperoleh kemudahan dalam mengembangkan usahanya. 

"Salah satu kesulitan UKM kita yakni mecari suplai barang dari tangan pertama agar harganya bisa lebih murah, mudah-mudahan Ralali hadir sebagai solusi utuk UKM di Kota Palembang" ujarnya. 

Harnojoyo menambahkan selama ini Pemerintah Kota Palembang terus mendorong kemajuan UKM. 

"Salah satunya kita berikan bantuan usaha kepada UKM tanpa agunan dan bunganya di subsidi oleh Pemkot Palembang, sehingga mereka tidak perlu membayar bunganya, sudah 1000 UKM yang kita berikan, dan tahun ini kita anggarkan untuk 4.000 UKM" jelasnya. 

Harnojoyo berharap langkah Kecamatan Kalidoni ini bisa diikuti oleh Kecamatan lainnya. 

"Silahkan Camat-camat yang lain untuk mengikuti apa yang telah dilaksanakan oleh Kalidoni, semakin banyak UKM yang kita tampung, semakin bagus,” tegasnya.

Sementara itu Camat Kalidoni, Ari Wijaya menjelaskan Kecamatan Kalidoni menyiapkan wadahnya bagi para UKM, yakni melalui boxbelanja.com yang bekerjasama dengan ralali.com

"Produknya untuk sementara ini kita fokus pada sembako, kedepan dengan kerjasana ralali, kita harap bisa memperluas jangkauan produknya, jadi para UKM akan mendapatkan suplayer barang dan akan dipasarkan melalui situs kita," Jelas Ari.

Ari menambahkan dari 2000 UKM yang ada Kalidoni, sudah ada 300 UKM yang bergabung.

"Kami Kalidoni sebagi pilot project, harapan kami bisa diterapkan di seluruh Kota Palembang" ujarnya.

CEO Ralali, Yosef Aditya mengatakan bisnis digital saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi pelaku usaha. 

"Jika pelaku usaha mau bertahan usahnaya, dia harus mengikuti perkembangan zaman, harus meggunakan bisnis digital, kami ralali siap memfasilitasi para UKM di Palembang untuk membuka jaringan seluas-luasnya berbisnis dengan digital" tutup Aditya.