Sumsel bakal bentuk tim percepatan penurunan kemiskinan

id herman deru,Herman Deru,Provinsi Sumatera Selatan,penurunan kemiskinan,rakyat miskin di sumsel

Sumsel bakal bentuk tim percepatan penurunan kemiskinan

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru. (Dok.Humasprovsumsel)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Provinsi Sumatera Selatan akan membentuk tim percepatan penurunan kemiskinan untuk mencapai target penurunan hingga 1,0 persen setiap tahun.

Gubernur Sumsel Herman Deru usai Musyawarah Recana Pembangungan (Musrembang) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Selatan 2018-2023 di Palembang, Selasa, mengatakan, tim tersebut nantinya akan mencari tahu apa penyebab masih tingginya angka kemiskinan yang saat ini sebesar 12,80 persen per 2018.

Kalau memang selama ini ada salah sasaran dalam penganggaran, kita perbaiki. Saya ingin paling tidak setiap tahun ada penurunan 1,0 persen, artinya dalam 5 tahun bisa capai satu digit, kata dia.

Deru mengatakan persoalan kemiskinan menjadi satu dari dua indikator makro yang belum bagus capaiannya, selain indeks pembangunan manusia (IPM) yang tercatat masih di bawah nasional.

Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama dengan kabupaten/kota untuk menurunkan angka kemiskinan jadi satu digit, kata dia.

Deru menilai penurunan kemiskinan di 17 kabupaten/kota yang ada memang perlu diperbaiki pengelolaannya. Gubernur mendelegasikan pembentukan tim percepatan tersebut kepada wakil gubernur dan sekda Sumsel untuk nantinya berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota.

Ia mengatakan pihaknya optimistis angka kemiskinan satu digit dapat tercapai karena telah menjadi fokus utama dalam RPJMD Sumsel lima tahun ke depan.

Hal tersebut, kata dia, juga sesuai dengan visi-misi dirinya di mana pada 2022 angka kemiskinan Sumsel dipatok dapat menyentuh 9,91 persen dan selanjutnya turun menjadi 9,20 persen pada 2023.

Sementara itu, Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi mengatakan pihaknya menyambut baik rencana pemprov untuk menekan angka kemiskinan melalui tim percepatan tersebut.

Kami akan dukung gubernur untuk menurunkan angka kemiskinan, kami juga berkomitmen satu digit, kata dia.

Menurut Beni, Muba juga telah lebih dulu memiliki tim koordinasi penganggulangan kemiskinan untuk mengatasi persoalan angka kemiskinan yang masih tinggi di daerah itu.