Bupati sambut kedatangan Piala Adipura 2018

id Kuryana Azis,Piala Adipura,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Bupati sambut kedatangan Piala Adipura 2018

Bupati OKU, Kuryana Azis beserta jajaran dan masyarakat menyambut kedatangan Piala Adipura (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis beserta sejumlah pejabat menyambut kedatangan Piala Adipura 2018 di rumah dinas kepala daerah kabupaten setempat.

"Pencapaian ini mencatat peraihan Piala Adipura untuk kedua kalinya secara berturut-turut sejak 2017-2018," kata Kuryana Azis saat menyambut Piala Adipura di rumah dinas bupati setempat di Baturaja, Selasa.

Piala Adipura tahun 2018, kata dia, diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Senin (14/1).

"Hari ini Piala Adipura tiba di Baturaja dan disambut antusias masyarakat serta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Ogan Komering Ulu," katanya.

Bupati menjelaskan, pencapaian atas penghargaan yang diraih kedua kalinya ini tidak lepas dari peran aktif semua lapisan masyarakat OKU dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

Terutama peran besar petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU mulai dari pasukan kuning, pasukan hijau dan pasukan orange yang selama ini bekerja keras, dan kerja tuntas dalam menjaga kebersihan Kota Baturaja.

"Dari 119 kabupaten/kota di Indonesia yang berhasil meraih Piala Adipura tahun ini salah satunya adalah Kabupaten OKU," jelasnya.

Dia mengemukakan, Kabupaten OKU meraih Piala Adipura kreteria yang sama seperti 2017 yakni kategori kota kecil dan bersih yang dinilai dari berbagai faktor penilaian seperti terhadap bank sampah induk dan penilaian terhadap penyusunan dokumen kebijakan.

Selain itu, lanjut dia, penilaian strategi daerah dalam pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah tangga juga menjadi faktor penentu untuk meraih Adipura.

"Dengan pencapaian ini diharapkan agar kita tidak cepat puas dan selalu menjaga kebersihan guna meraih Piala Adipura kembali di tahun berikutnya," harapnya.