Arab Saudi pastikan tempat di face gugur setelah taklukkan Lebanon

id Arab Saudi,liga asia,sepak bola asia,Mohammed Al Owais, Mohammed Al Burayk, Mohammed Al Fatil, Ali Albulayhi, Hamdan Al Shamrani, Abdullah Otayf

Arab Saudi pastikan tempat di face gugur setelah taklukkan Lebanon

Timnas Arab Saudi.. (ANTARA/REUTERS)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Arab Saudi memastikan tempat di fase gugur Piala Asia setelah menaklukkan Lebanon dengan skor 2-0 dalam pertandingan Grup E yang berlangsung di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab pada Minggu dini hari WIB.

Kedua gol kemenangan pasukan Antonio Pizzi itu dibukukan oleh Fahad Al Muwallad (12') dan Hussain Al Moqawhi (67'), demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Arab Saudi kini memuncaki klasemen grup dengan koleksi enam poin dari dua pertandingan, sedangkan Lebanon berada di peringkat ketiga dengan nol poin.

Kesalahan barisan pertahanan Lebanon yang memberikan bola kepada Fawad dapat dimaksimalkan dengan sepakan kaki kanan, bola melayang melewati kiper Mehdi Khalil sebelum ia sempat bereaksi.

Arab Saudi menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-67, Hussain Al Mogahwi mengemas gol dari jarak dekat, ketika mereka mencatatkan dua kemenangan beruntun di Piala Asia untuk pertama kalinya sejak 1996 - tahun terakhir kali mereka menjadi juara.

Lebanon akan menyesali kegagalan mereka memanfaatkan peluang ketika baru tertinggal satu gol, Joan Oumari menyia-nyiakan peluang terbaik mereka ketika ia menanduk bola melambung dari tendangan sudut.

George Felix Melki juga gagal menyambar bola tendangan bebas, sehingga Arab Saudi dapat mengakhiri babak pertama dengan keunggulan tipis.

Lebanon meredam permainan Arab Saudi setelah turun minum berkat kiper mereka, di mana Khalil secara spektakuler mampu menggagalkan tembakan jarak jauh Hatan Bahbri sebelum memperlihatkan keberaniannya untuk keluar dari gawangnya dan mencegah upaya Fawad.

Bagaimanapun, Al Mogahwi mampu mengonversi bola operan Bahbri dari sisi kanan untuk memastikan raihan tiga poin.

Juara tiga kali itu menutup agenda mereka di fase grup dengan pertandingan melawan Qatar, yang akan bertemu Korea Utara pada Minggu, pada apa yang dapat menjadi pertarungan untuk mencari siapa juara grup.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:

Lebanon (3-4-1-2): Mehdi Khalil, Alexander Michel, Mootaz Jounaidi, Joan Oumari, Ali Hamam, Felix Michel, Haytham Faour (Rabih Ataya 73'), Kassem El Zein, Mohamad Haidar (Mohamed Zein Tahan 86'), Hassan Maatouk (Nader Matar 76'), Hilal El Helwe

Arab Saudi (4-1-4-1): Mohammed Al Owais, Mohammed Al Burayk, Mohammed Al Fatil, Ali Albulayhi, Hamdan Al Shamrani, Abdullah Otayf (Ibrahim Galeb 84'), Hattan Sultan Babhir, Abdulaziz Al Bishi (Abdulrahman Ghareeb 79'), Hussain Al Moqawhi, Salem Al Dawsari, Fahad Al Muwallad (Yahya Al Shehri 73') (H-RF).