Pemprov Sumsel akan berdayakan masyarakat sekitar gambut

id Najib Asmani,Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim,lahan gambut,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Pemprov Sumsel akan berdayakan masyarakat sekitar gambut

Staf Khusus Perubahan Iklim Gubernur Sumatera Selatan Najib Asmani (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan memberdayakan masyarakat di sekitar lahan gambut agar areal tersebut semakin bermanfaat.

Lahan gambut itu akan direstorasi sekaligus dijadikan areal ekonomi hijau, kata Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani di Palembang, Sabtu.

Lahan gambut itu akan ditanami tahaman hijau termasuk yang bermanfaat bagi ekonomi masyarakat, ujar dia.

Selain itu lahan gambut juga dapat digunakan untuk beternak itik dan kerbau rawa.

Ia mengatakan, masyarakat di sekitar lahan gambut perlu diberdayakan sehingga lahan tersebut semakin bermanfaat bagi mereka.

Dengan pemberdyaan masyarakat di areal lahan gambut, dapat mencegah kebakaran hutan dan lahan, ujar Ketua Tim Restorasi Gambut Sumsel itu.

Apalagi lahan gambut rawan terbakar sehingga harus diawasi bersama termasuk mengikutsertakan seluruh lapisan masyarakat.

Setelah terjadi kebakaran pada 2015, Pemerintah Provinsi Sumsel membentuk masyarakat perduli gambut karena lahan yang terbakar mayoritas berada di areal gambut.

Yang jelas, pemberdayaan masyarakat sangat penting untuk mencegah kebakaran, karena berdasarkan penelitian mayoritas terjadinya kebakaran disebabkan aktivitas manusia dalam perekonomian.

Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Sumsel akan memberdayakan masyarakat di sekitar lahan gambut, tambah dia.