Sumsel pelajari Batam untuk kembangkan Pulau Maspari

id Pulau Maspari,Wagub sumsel,mengembangkan wisata pulau,berita sumsel,berita pale,berita palembang

Sumsel pelajari Batam untuk kembangkan Pulau Maspari

Pulau Maspari. (indanesiaku.blogspot.com)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan belajar ke Batam untuk mengembangkan Pulau Maspari, Kabupaten Ogan Komering Ilir, terutama bidang budi daya perikanan.

"Kami melakukan kunjungan kerja ke Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang ada di Kota Batam, Kepulauan Riau," kata Wagub Sumsel Mawardi Yahya dalam keterangan tertulis yang diterima di Palembang, Jumat.

Potensi perikanan di Sumsel masih sangat mungkin dikembangkan. Bahkan dalam waktu dekat ini pemerintah provinsi akan memanfaatkan keberadaan Pulau Maspari untuk dijadikan lokasi pengembangan sektor perikanan tambak dan kerambah.

Pulau Maspari akan dijadikan lokasi pusat pembenihan baik ikan laut, udang dan lainnya yang akan dibawahi langsung Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel.

Di samping itu di Pulau Maspari akan dibuat pos terpadu yang fungsinya untuk pemantauan lalu lintas angkutan baik kapal maupun aktivitas lainnya di laut.

Jika pulau itu sudah berkembang dengan baik, bukan tidak mungkin tempat tersebut nantinya akan menjadi lokasi wisata baru. Selain sebagai pusat pembenihan perikanan, ujar Wagub.

Kepala Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Batam Kepulauan Riau, Toha Tusihadi mengatakan keberadaan Balai Budidaya Perikanan Laut (UPT) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Batam Kepulauan Riau bertanggung jawab langsung pada Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

"Kami disini menjalanakan tugas dan fungsi pokok yakni melakukan inovasi tekhnologi, fungsi standarisasi, melakukan bimbingan teknis dan pendampingan, memproduksi bibit unggul. Serta Pemantuan dan Pengawalan lingkungan," ucapnya.

Dia mengatakan, pihaknya berharap akan terjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumsel terutama dengan jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumsel dengan harapan pertemuan yang telah dilakukan akan memberikan manfaat bagi kemajuan sektor perikanan di Sumsel.

Dalam kunjungan kerja tersebut Wagub dampingi Wakil Ketua DPRD Sumsel Kartika Sandra Desi bersama Komisi II DPRD Sumsel Bidang Perekonomian dan Keuangan, serta Dinas terkait Provinsi di lingkungan Pemprov Sumsel.