Pemerintah Desa Batu Putih bangun dermaga penyeberangan

id dermaga penyeberangan,Desa Batu Putih,beriat sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini

Arsip- Sejumlah pekerja berada di sekitar proyek pembangunan dermaga. (ANTARA/Eric Ireng)

Baturaja, Sumsel, 10/1 (ANTARA News) - Pemerintah Desa Batu Putih, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan membangun dermaga penyeberangan sebagai fasilitas masyarakat setempat dalam menyeberangi sungai di wilayah itu.

"Pembangunan dermaga atau sarana penyeberangan terapung ini dibangun di atas Sungai Ogan yang ada di desa kami," kata Kepala Desa Batu Putih, Kecamatan Baturaja Barat, Ogan Komering Ulu, Medi Candra di Baturaja, Kamis.

Menurut dia, pembangunan dermaga tersebut dinilai perlu dilakukan mengingat desa setempat belum memiliki jembatan gantung untuk masyarakat menyebarang sungai dalam mengangkut hasil kebun.

"Selama ini masyarakat kesulitan mengangkut hasil kebun yang ada di seberang sungai hanya dengan menggunakan perahu sehingga perlu dibangun dermaga penyeberangan terapung," katanya.

Dia menjelaskan, dermaga tersebut rencananya akan dibangun di dekat gudang desa dengan panjang sekitar enam meter dan lebar empat meter.

Dermaga tersebut, kata dia, nantinya dihubungkan dengan jalan setapak yang ada di seberang sungai sepanjang 40 meter dengan lebar 2,4 meter.

Meskipun sarana penyeberangan ini berupa susunan drum plastik, lanjut dia, namun dinilai aman digunakan masyarakat dalam beraktifitas menyebrangi sungai.

"Sarana penyeberangan ini dinilai aman karena mampu mengikuti dengan permukaan air. Kalau air sedang pasang juga tidak akan tenggelam," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar