Gempa 4,9 SR guncang Manokwari Selatan

id Gempa,Manokwari Selatan,BMKG

Illustrasi: Peta pusat gempa Manokwari, Papua Barat (BMKG)

Sorong (ANTARA News Sumsel) - Gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) mengguncang Ransiki Kabupaten Manokwari Selatan, Provinsi Papua Barat, Kamis pukul 02.22 WIT dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah V Papua Petrus Demon Sili menyebutkan episenter gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 1.50 LS dan 133.85 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 36 km arah barat Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan.

Dia mengatakan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Region Sesar Manokwari Selatan.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Ransiki III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Menurut dia, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami, karena di darat dan kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadi tsunami.

Hingga saat ini, kata dia, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

"Kami menghimbau masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar