Kurs Rupiah menguat seiring harapan kesepakatan dagang AS-China

id rupiah,dolar,yen,yuan,mata uang indonesia,kurs rupiah,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel

Kurs Rupiah menguat seiring harapan kesepakatan dagang AS-China

Uang rupiah pecahan 100.000 (ANTARA FOTO)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Nilai tukar (kurs) rupiah yang bergerak naik 35 poin menjadi Rp14.110 pagi ini seiring dengan harapan positif pada hasil perundingan kesepakatan dagang Amerika Serikat (AS) dan China.

Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong di Jakarta, Rabu, mengatakan kuatnya harapan pelaku pasar terhadap tercapainya kesepakatan perdagangan antara AS dan China masih menjadi faktor positif bagi mata uang negara berkembang.

"Mata uang 'emerging market', seperti Indonesia cukup terbantu oleh sentimen eksternal itu," katanya.

Apalagi, lanjut dia, sentimen dari dalam negeri juga cukup kondusif. Sejumlah indikator data ekonomi nasional seperti inflasi, cadangan devisa, dan realisasi APBN 2018 cukup sehat dan kredibel.

"Sentimen domestik itu juga memicu aliran dana asing masuk, sehingga mendorong permintaan mata uang lokal," katanya.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan posisi cadangan devisa pada tahun 2019 ini kemungkinan bisa berlanjut naik dengan mulai masuknya dana asing kembali ke pasar saham dan obligasi negara berkembang, termasuk Indonesia.

"Masuknya dana asing itu seiring dengan kemungkinan kebijakan suku bunga the Fed yang cenderung 'dovish'," katanya.

Ia menambahkan aturan pemerintah mengenai Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang mewajibkan sumber daya alam (SDA) disimpan di bank lokal juga akan menjadi faktor positif bagi rupiah ke depan.