BNN Sumsel tingkatkan pencegahan narkoba masuk kampus

id stop narkoba,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap,P4GN,berita antara,

BNN Sumsel tingkatkan pencegahan narkoba masuk kampus

Stop narkoba (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kegiatan untuk mencegah masuk narkotika dan obat/bahan berbahaya (narkoba) masuk kampus perguruan tinggi di provinsi ini.

Upaya untuk meningkatkan pencegahan itu, dengan kegiatan sosialisasi mengenai bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di lingkungan kampus perguruan tinggi akan lebih digencarkan lagi, kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumsel Brigjen Pol Jhon Turman Panjaitan, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, sekarang ini tidak ada lagi tempat yang aman dari penyalahgunaan dan sasaran peredaran gelap narkoba termasuk di kampus, sehingga perlu terus dilakukan berbagai tindakan pencegahan bersama secara maksimal.

"Hampir semua tempat dan lapisan masyarakat terkena narkoba, kondisi ini cukup memprihatinan dan perlu mendapat perhatian bersama untuk memberantasnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, beberapa tahun lalu, penyalahgunaan dan peredaran narkoba dapat diprediksi terjadi di lingkungan anak-anak muda dan berandalan, namun kini semua tempat bisa menjadi tempat pemakaian dan transaksi narkoba itu.

Melihat kondisi tidak ada tempat yang aman lagi dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, pihaknya terus berupaya memotivasi masyarakat untuk berperanserta dalam kegiatan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap (P4GN).

Dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba itu, pihaknya berupaya membangun jejaring sosial di berbagai lapisan masyarakat.

Kemudian untuk membangun jejaring sosial itu, pihaknya juga melakukan pendekatan dan pembinaan kelompok masyarakat mulai dari lingkungan pendidikan, lingkungan kerja instansi pemerintah dan swasta, hingga kawasan permukiman penduduk.

Untuk membangun jejaring di lingkungan pendidikan, pihaknya melakukan kerja sama sosialisasi di lingkungan sekolah dan kampus perguruan tinggi yang ada di 17 kabupaten/kota dalam wilayah Sumsel, kata Jhon Turman pula.