Pemkot Palembang dukung pengembangan kampung KB

id kampung kb,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana

Pemkot Palembang dukung pengembangan kampung KB

Wali Kota Harnojoyo canangkan kampung KB. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar)

Palembamg, (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya mendukung secara maksimal pengembangan Kampung Keluarga Berencana untuk meningkatkan kegiatan pengendalian laju pertumbuhan penduduk di Bumi Sriwijaya itu.

"Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Palembang akan didorong membentuk beberapa Kampung KB baru yang dikembangkan beberapa tahun terakhir," kata Sekda Palembang, Harobin Mastofa di Palembang, Senin.

Menurut dia, saat ini baru ada beberapa Kampung KB di sejumlah kecamatan, ke depan diupayakan ada di seluruh kecamatan atau 18 kecamatan.

"Melalui pengembangan Kampung KB diharapkan manfaat program pengendalian laju pertumbuhan penduudk dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat secara luas," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk mengembangkan Kampung KB, pihaknya berupaya mendorong Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bersinergi.

Dengan adanya sinergi antarOPD terkait diharapkan bisa lebih cepat dilakukan pengembangan, karena jika mengandalkan Dinas PPKB sendiri membutuhkan waktu lama, karena terkendala terbatasnya anggaran.

Menurut dia, dengan bersinergi berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain jumlah Kampung KB diharapkan dalam waktu dekat bisa dilipat gandakan atau berkembang sesuai dengan target yang diharapkan.

Sinergi antarOPD di kota ini, tidak hanya dalam melakukan pengembangan jumlah Kampung KB tetapi juga dalam mengisi berbagai kegiatan yang dapat memotivasi masyarakat mengikuti program pengendalian laju pertumbuhan penduduk itu, ujar Harobin.