Sumsel prioritaskan restorasi gambut di sejumlah kabupaten

id Najib Asmani,Staf Ahli Gubernur Bidang Perubahan Iklim,sasaran utama restorasi lahan

Sumsel prioritaskan restorasi gambut di sejumlah kabupaten

Staf Khusus Perubahan Iklim Gubernur Sumatera Selatan Najib Asmani (ANTARA News Sumsel/Dolly Rosana/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memprioritaskan restorasi lahan gambut di sejumlah kabupaten karena areal lahan gambut yang luas di daerah itu.

Staf Ahli Gubernur Bidang Perubahan Iklim Najib Asmani di Palembang, Senin, mengatakan daerah yang menjadi sasaran utama restorasi lahan gambut itu adalah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin dan Banyuasin.

"Hal ini karena lahan gambutnya cukup luas sekaligus rawan terbakar," ujar dia.

Bahkan, lanjut dia, di Kabupaten Ogan Komering Ilir saat kebakaran beberapa waktu lalu, lahan yang terbakar mayoritas adalah lahan gambut.

"Karena itu lahan gambut perlu direstorasi untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran," ujar dia.

Bukan itu saja, dengan adanya restorasi maka lahan gambut juga dapat dimanfaatkan untuk mendorong adanya kegiatan ekonomi.

Menurut dia, restorasi lahan gambut bukan hanya menanam kembali tetapi berbagai upaya agar lahan gambut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Lahan gambut dapat dimanfaatkan untuk memelihara kerbau rawa dan budidaya ikan serta itik," kata Najib Asmani yang juga Ketua Tim Restorasi Gambut Sumsel itu.

Menurut dia, walaupun musim kemarau, lahan gambut masih tetap basah sehingga pemeliharaan ikan tidak akan terganggu.

Yang jelas, lanjut dia, dengan dilaksanakan restorasi tersebut untuk mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan termasuk gambut seperti pada 2015.