30 ribu orang kunjungi Al-quran Al-akbar selama libur akhir tahun

id Al-quran Al-akbar,Alquran raksasa,Wisata

30 ribu orang kunjungi Al-quran Al-akbar selama libur akhir tahun

Para pengunjung Bayt Al-quran Al-akbar, Jumat (4/1). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/EM/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 30.000 lebih orang mengunjungi destinasi wisata Bayt Al-quran Al-akbar Palembang selama musim libur akhir tahun 2018.

"Dihitung sejak awal libur tanggal 20 Desember sampai 31 Desember 2018 itu sudah mencapai 30.000 pengunjung, rata-rata bisa 4.000 pengunjung perharinya," kata salah satu pengurus Bayt Al-quran Al-akbar Palembang Idris Palupi, Jumat. 

Menurutnya angka kunjungan kemungkinan masih terus meningkat sampai berakhirnya masa libur sekolah, sementara  jumlah pengunjung selama tahun 2018 sendiri susah mencapai 250.000 orang. 

Dia menerangkan pengunjung Al-quran terbesar di dunia tersebut masih didominasi warga luas Kota Palembang, bahkan  dari mancanegara seperti Malaysia dan Singapura, para pengunjung kebanyakan datang secara berkelompok atau keluarga. 

Apalagi Bayt Al-quran Al-akbar yang berlokasi di Kecamatan Gandus tersebut baru saja menyabet Juara 1 Wisata Halal Terpopuler Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2018 sehingga semakin menambah antusiasme wisatawan mengunjunginya, lanjut Idris. 

Dijelaskannya, Para pengunjung bebas mengabadikan momen terbaiknya di dalam Al-quran Al-akbar baik di depan maupun di antara mushaf-mushaf kayu, para pengunjung bisa juga  meminta nama mereka dibuatkan tulisan kaligrafi dengan membayar donasi Rp20.000 sebagai buah tangan. 

Namun kata Idris, pengunjung dilarang keras berfoto dengan memperagakan gaya yang tidak sopan, dan tidak diperkenankan mengambil gambar Praweding di lingkungan tersebut, selain itu pengunjung wajib menjaga kebersihan selama berkunjung. 

"Wisatawan ke sini bukan hanya mendapatkan spot foto yang unik, di sisi lain mereka juga secara otomatis akan membaca ayat-ayat Alquran dan itu menjadi amal jariyah bagi mereka, 1 ayat dibaca maka 1 kebaikan didapat, memang latar belakang didirikanya Al-quran Al-akbar oleh Ustadz Sofwatillah Mohzaib ini semata-mata untuk ibadah serta dakwah, maka pengelola betul-betul menjaga kesucian tempat ini," ujar Idris. 

Dia mengatakan meskipun masa liburan, pengelola tetap menerapkan infak tiket masuk normal yakni Rp 10.000, termasuk pengunjung dari mancanegara, sedangkan pada hari biasa pengunjung kategori siswa dikenakan infaq Rp 5.000 dengan menujukan kartu kunjungan dari sekolah. 

Selain berfoto, para pengunjung juga bisa membeli berbagai souvenir unik bertemakan Al-quran Al-akbar dan kerajinan tangan khas Kota Palembang sebagai oleh-oleh yang menandakan mereka telah berkunjung ke salah satu destinasi paling terkenal di Indonesia. 

"Untuk liburan ini kami tetap memberlakukan jam operasional seperti biasa yakni pukul 09.00 WIB sampai 17.00 WIB, kalau weekend agak di perpanjang waktunya," tambah Idris.