Imigrasi Palembang siapkan tim khusus paspor haji

id Imigrasi,paspor haji,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Suasana ramai di ruangan pelayanan pembuatan paspor Kantor Imgrasi Palembang. (ANTARA News Sumsel/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Sumatera Selatan, menyiapkan tim khusus untuk memberikan pelayanan terbaik dan kemudahan dalam membuat paspor kepada calon jamaah haji yang akan berangkat pada 2019 atau musim haji 1441 Hijriah.

"Sebelumnya pada tahap awal pelayanan pembuatan paspor haji Desember 2018 jumlah pemohonnya masih sedikit, dibawah 50 orang. Dengan kondisi tersebut masih bisa digabungkan dengan pelayanan umum, namun sekarang jumlahnya meningkat sehingga memerlukan pelayanan khusus," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Palembang, Hasrullah di Palembang, Jumat.

Menurut dia, pada tahap awal pelayanan masih digabungkan dengan pelayanan pembuatan paspor masyarakat umum, namun sekarang jumlah berkas calon jamaah haji yang masuk mencapai ratusan sehingga dilakukan pengaturan pelayanan khusus dengan membuka loket baru terpisah dengan loket pelayan reguler.

Selain menyiapkan tim khusus untuk memberikan pelayanan pembuatan paspor bagi calon jamaah haji, jika ada permohonan Kemenag untuk pelayanan yang lebih cepat akan dibuka pelayanan pada hari libur akhir pekan dan menyiapkan tim pelayanan bergerak ke sejumlah daerah di luar Kota Palembang (jemput bola).

"Dengan pelayanan khusus itu diharapkan calon jamaah haji dapat lebih nyaman dalam melakukan pengurusan dokumen perjalanan ibaah ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi dan pelayanan paspor bagi masyarakat umum tidak terganggu," ujarnya.

Sementara Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian (Lantaskim) Imigrasi Palembang, Triman menambahkan untuk mendukung Kemenag mempersiapkan dokumen keberangkatan calon jamah haji pada 2019, pihaknya menyiapkan beberapa program pelayanan khusus.

Dengan pelayanan khusus yang mulai dilakukan pada awal tahun ini, pelayanan pembuatan paspor bagi 3.000 calon jamaah haji di enam kabupaten/kota dalam wilayah Sumatera Selatan meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, dan Ogan Komering Ilir berjalan dengan baik.

Pelayanan pembuatan paspor haji setiap tahunnya terus ditingkatkan kualitasnya sehingga masyarakat di enam wilayah kerja Imigrasi Palembang itu semakin mudah dan nyaman dalam mengurus dokumen perjalanan ibadah ke Tanah Suci Mekkah, ujar Triman.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar