Pengguna LRT Palembang hampir satu juta orang

id lrt,penumpang lrt,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Light Rail Transit,lrt palembang

Pengguna LRT Palembang hampir satu juta orang

Sejumlah penumpang menikmati pemandangan di atas Light Rail Transit (LRT). ANTARA FOTO/Feny Selly

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengguna kereta api dalam kota "Light Rail Transit-LRT" di Palembang, Sumatera Selatan sejak pertama kali dioperasikan pada 23 Juli 2018 hingga awal Desember 2019 hampir satu juta orang.

"Berdasarkan data sekarang ini tercatat sekitar 930.000 penumpang, jika rata-rata perharinya 9.000 masyarakat menggunakan LRT jumlah penumpang yang dilayani pada bulan ini bisa tembus angkanya di atas satu juta orang," kata Manager Humas PTKAI Divre III Palembang Aida Suryanti, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, melihat perkembangan pengguna jasa LRT jumlahnya terus meningkat, pihaknya berupaya meningkatkan jumlah penumpang dengan membenahi pelayanan.

Pelayanan yang telah berjalan dengan baik selama ini akan dievaluasi sehingga bisa dilakukan peningkatan begitu juga sebaliknya jika ada hal-hal yang kurang baik akan dilakukan pembenahan.

Untuk meningkatkan pelayanan, selaian melakukan evaluasi kinerja dan operasional LRT, pihaknya juga berupaya meminta masukan dari semua pihak dan lapisan masyarakat, katanya.

Menurut dia, untuk melayani masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan kereta api dalam kota itu, pihaknya sekarang ini menyiapkan 13 stasiun LRT di sejumlah titik strategis mulai dari bandar udara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang hingga kawasan pusat olahraga Jakabaring.

Masyarakat bisa memanfaatkan jasa angkutan umum yang pertama kali beroperasi di Indonesia sejak pagi pukul 05.00 hingga malam hari pukul 22.00 WIB.

Mengenai biaya atau ongkos naik LRT, untuk jarak pendek antarstasiun pihaknya menetapkan Rp5.000 per orang sedangkan jarak panjang Rp10.000 per orang, ujar Aida.