Erick Thohir optimistis pemerintah Jokowi lanjutkan komitmen pembangunan

id Joko Widodo,Ma'ruf Amin, Erick Thohir,capres,calon presiden,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,tim sukses jokowi

Erick Thohir optimistis pemerintah Jokowi lanjutkan komitmen pembangunan

Dokumentasi calon presiden petahana, Joko Widodo, memberikan keterangan terkait formasi tim sukses kampanye nasional Pemilu 2019. (ANTARA FOTO/Akbar Gumay)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir, menyatakan optimistis bahwa pemerintahan Jokowi akan terus melanjutkan komitmen pembangunan saat ini hingga ke masa depan.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019 yang diprediksi Bank Indonesia (BI) akan mencapai 5,3 persen menjadi peluang sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia ke masa depan," kata Erick Thohir dalam rilis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, meski tahun 2019 merupakan tahun politik dengan berlangsungnya pemilihan presiden dan pemilihan anggota legislatif, namun pondasi ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang sudah kuat dibangun pemerintahan Jokowi dalam empat tahun terakhir diyakini tidak akan menggoyahkan target pencapaian menuju masyarakat adil dan makmur.

Ia memaparkan, indikator-indikator pertumbuhan ekonomi yang digapai hingga saat ini, kedewasaan politik dari mayoritas masyarakat Indonesia, toleransi dan rasa kebersamaan yang kian kuat, serta munculnya budaya-budaya baru yang lebih tertib, disiplin, serta beradab di mata Erick menjadi modal besar bagi bangsa Indonesia melanjutkan pembangunan nasional.

"Walau masih saja ada kalangan tertentu yang memprediksi bangsa ini akan hancur, atau punah, namun jika dilihat lebih seksama, justru inilah saat yang tepat bagi bangsa kita untuk lebih maju dan berdiri sejajar dengan bangsa lain yang lebih dulu maju. Banyak momen fenomenal dicapai bangsa ini selama 2018 di segala bidang, sehingga sungguh tepat jika tahun depan kita meneruskan dan meningkatkan apa yang sudah diraih," tegas Erick.

Contohnya, ujar dia, antara lain adalah kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang mengangkat nama Indonesia, pelaksanaan IMF dan World Bank Forum di Bali, serta makin eksisnya kedudukan Indonesia di G20 menjadi sederetan momen penting yang dicapai negeri ini di tahun 2018.

Ajakan pria yang dikenal sebagai pengusaha nasional itu sangat tepat. Terlebih dalam menghadapi era revolusi industri 4,0, dibutuhkan kondisi ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang stabil dan terus meningkat.

"Dalam tahap inilah, saya yakin dan optimistis, pilpres dan pileg 2019 nanti akan berjalan lancar karena mayoritas masyarakat Indonesia pada dasarnya menginginkan situasi kondusif dan kemajuan yang telah dicapai pemerintahan Jokowi terus bertahan dan meningkat," tambahnya.

Di bidang ekonomi, contohnya. Erick menilai berbagai kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah,untuk menyongsong revolusi industri 4,0 sudah sangat tepat. Mulai dari mendorong angkatan kerja di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi internet, hingga pemanfaatan teknologi digital untuk memacu produktivitas dan daya saing.

"Bahkan, kalangan pengusaha, generasi muda, dan juga milenial juga didorong memanfaatkan teknologi digital lebih optimal dalam perindustrian nasional dan juga berinovasi teknologi melalui pengembangan perusahaan rintisan atau start-up. Untuk itu, saya ajak semua kalangan yang akan meneruskan estafet dan tanggung jawab negara ini, tetap optimistis dan memberikan dukungan optimal," paparnya.

Satu sektor yang juga menjadi perhatian Erick, yakni perempuan diyakini juga akan memegang peran lebih besar di tahun 2019. Apalagi dalam kurun empat tahun terakhir, hak-hak kaum perempuan terus meningkat. Bahkan, keterlibatan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan Indonesia juga semakin nyata.

"Hal paling nyata adalah kesetaraan kaum perempuan dalam pemerintahan. Saat ini rasio kaum perempuan di kabinet mencapai 41 persen. Sangat signifikan. Hal itu merupakan indikasi positif bahwa keterlibatan perempuan dalam proses pengambilan keputusan di pusat ataupun di daerah juga semakin tinggi," jelas Erick.

Oleh karenanya, menyambut tahun 2019, Erick mengajak tiga komponen utama dalam pembangunan Indonesia, yakni kalangan pengusaha, generasi muda dan milenial, serta kaum perempuan untuk terus mengobarkan optimisme, memberi dukungan optimal terhadap pemerintahan Jokowi yang telah menunjukkan keberhasilan dalam pembangunan, serta saling berkolaborasi demi kemajuan bangsa yang dicita-citakan.