Pertamina Sumbagsel kembali serahkan tiga unit mobil ambulans

id pertamina,ambulans, bantuan, untuk masyarakat

Pertamina Sumbagsel kembali serahkan tiga unit mobil ambulans

Dok.(ANTARA News Sumsel/Susilawati/Ang/18/)

 Palembang, (ANTARA News Sumsel) -  Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel terus berkontribusi untuk kesehatan masyarakat dengan kembali menyerahkan tiga unit mobil ambulans.

"Pertamina sangat bersyukur, selain menjalankan amanah untuk memastikan kebutuhan energi, kami juga senantiasa terus berkontribusi lebih bagi masyarakat di bidang lainnya," kata General Manager MOR II Sumbagsel, Primarini di Palembang, Rabu.

Mobil ambulans itu diserahkan langsung oleh General Manager MOR II Sumbagsel, Primarini kepada Yayasan Darussalam Danau Rata Sungai Rotan Muara Enim, Desa Bintaran Kabupaten Banyuasin, dan Desa Kuang Dalam Barat Kabupaten Ogan Ilir itu merupakan bentuk Program Bina Lingkungan dalam bidang kesehatan atau dikenal dengan nama Pertamina Sehat.

"Mudah-mudahan ini merupakan awal yang baik dan akan terus berlanjut kontribusi-kontribusi Pertamina lainnya di tahun 2019 ini," katanya.

Seluruh mobil ambulans yang diserahkan pada hari ini sudah dilengkapi dengan perangkat dan fasilitas kesehatan. Dibagian luar, mobil sudah dilengkapi dengan sirine dan pengeras suara yang terhubung langsung dengan panel kontrol di dekat pengemudi. Sementara, di bagian dalamnya, fasilitas kesehatan berupa alat dan obat Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K), tabung oksigen, stretcher atau tandu, serta fasilitas lainnya juga sudah tersedia.

"Mobil ini siap digunakan, karena itu kami berharap, kelak di lokasi masing-masing mobil ini bisa bermanfaat besar bagi masyarakat. Pesan saya tolong mobil ambulans ini dirawat dan dijaga supaya bisa bermanfaat dalam jangka panjang dan terus melayani bagi yang membutuhkan," ujarnya.

Pada ketiga lokasi tersebut memang akses kesehatan masih cukup sulit, apalagi mayoritas masyarakatnya merupakan masyarakat yang kurang mampu. Karenanya, mobil ambulans ini diharapkan dapat meringankan serta memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih baik.

Kepala Desa Kuang Dalam Barat, Mahersyah yang pada hari ini hadir langsung untuk menerima mobil ambulans menyampaikan bahwa sebelumnya akses masyarakat untuk fasilitas mobil ambulans cukup terbatas.

"Karena cukup susah, biasanya jadi masyarakat disini mengandalkan warga yang punya mobil pribadi untuk membawa warga yang butuh pertolongan ke klinik, puskesmas ataupun rumah sakit. Kalau darurat kan kasihan karena selama perjalanan tidak bisa diberikan pertolongan pertama dulu karena tidak ada peralatannya," katanya.