Pemprov Sumsel bantu korban tsunami Lamsel 21 ton beras

id herman deru,beras,bantuan sumsel,gubernur sumsel,korban tsunami,antara sumsel,antara palembang,berita sumsel,berita palembang

Pemprov Sumsel bantu korban tsunami Lamsel 21 ton beras

Gubernur Sumsel Herman Deru. (Dok.HumasProvSumsel/18)

Lampung Selatan (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dipimpin langsung Gubernur Herman Deru membawa bantuan 21 ton beras untuk korban tsunami di Kabupaten Lampung Selatan.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Herman Deru kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan (Lamsel), di rumah dinas bupati Lamsel, Kalianda, Minggu siang.

Selain itu, bantuan yang diberikan juga berupa 60 karung pakaian, 120 dus mi instan, selimut, serta uang Rp200 juta.

"Ini (beras) merupakan kualitas yang terbaik dari Sumsel, atas partisipasi masyarakat Sumatera Selatan serta melalui APBD. Mudah-mudahan yang kita lakukan ini bisa menjadi spirit bagi warga yang tertimpa musibah," ujar Herman Deru.

Usai menyerahkan bantuan, Herman Deru bersama Plt Bupati Nanang Ermanto sempat meninjau dapur umum yang diperbantukan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel di SMA Negeri 1 Kalianda.

Herman Deru juga menyempatkan diri meninjau para pengungsi yang berada di Lapangan Tenis Indoor, Kalianda.

"Kami juga sudah kirim tim Tagana beserta peralatannya komplet untuk misi kemanusiaan membantu saudara-saudara kita yang sedang tertimpa musibah. Ini waktunya tidak terbatas, selama masih diperlukan sampai semua pulih kembali," kata dia pula.

Herman Deru juga menyatakan siap membantu Kabupaten Lamsel dalam hal penanganan para pengungsi maupun korban luka-luka yang saat ini masih dirawat tim medis.

"Bahkan tadi sudah saya tawarkan ke Pemkab Lamsel, kalau butuh tim medis, kesehatan, sampai alat-alat bedah pun kami siap kirim ke sini. Kami sangat menaruh perhatian karena Lampung ini adalah tetangga terdekat kami," katanya lagi.

Berdasarkan data yang diterima, Pemprov Sumsel juga menyalurkan bantuan berupa 60 karung pakaian, 120 dus mi instan, selimut, uang Rp200 juta, berikut beras 21 ton dengan total nilai hampir Rp1 miliar.

Bantuan juga mengalir dari Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah. Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto kembali datang membawa bantuan tahap kedua.

Sebelumnya, Loekman juga telah membawa bantuan awal berupa 100 dus air mineral gelas, 200 dus mi instan, dan 15 dus susu.

Hari ini, Loekman beserta seluruh jajaran OPD dan Tim Penggerak PKK serta Dharma Wanita membawa bantuan tahap kedua berupa 595 dus mi instan, 300 dus air mineral, 1.175 kg beras, 547 paket perlengkapan mandi, serta kebutuhan pokok lainnya.

Bantuan secara simbolis diterima Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto di rumah dinas bupati Lamsel, Minggu.

Loekman mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk empati seluruh jajarannya atas musibah yang melanda Lampung Selatan.

Bantuan untuk korban tsunami di Lamsel juga datang dari Pemprov Sumatera Barat (Sumbar).

Berbeda dengan bantuan yang telah disalurkan, rombongan Pemprov Sumbar yang dipimpin Wakil Gubernur Nasrul Abit membawa bantuan berupa 650 kilogram rendang siap saji.

Penyerahan bantuan itu, secara simbolis diberikan Nasrul Abit kepada Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto di posko logistik induk di rumah dinas bupati Lamsel, Minggu.

Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemprov Sumbar yang telah menyalurkan bantuan untuk masyarakat Lamsel yang saat ini sedang tertimpa musibah.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat untuk warga yang sedang tertimpa musibah. Hanya Allah SWT yang dapat membalas kebaikan bapak dan ibu semua," kata Nanang.

Sehari sebelumnya, Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto menerima kunjungan Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinvi Lampung yang juga mantan Bupati Lamsel H Rycko Menoza SZP di pos pengungsian Lapangan Tenis Indoor Kalianda, Sabtu (29/12).

Sebelumnya, Rycko Menoza yang pernah menjabat Bupati Lamsel periode 2010-2015 ini, mengunjungi para korban tsunami di 4 titik pada 2 desa, yakni di Desa Way Muli Timur dan Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Sabtu.

Dalam kunjungannya Rycko yang juga sekaligus Ketua Harian DPP Lampung Sai bersama pengurus Lampung Sai menyalurkan bantuan berupa kebutuhan bahan pokok, pakaian, selimut, serta alat penerangan 4 mesin generator set (genset).