Kabupaten OKI target tingkatkan kinerja OPD 2019

id Iskandar,realisasi penyerapan anggaran daerah,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,APBD oki,kinerja Organisasi Perangkat Daer

Kabupaten OKI target tingkatkan kinerja OPD 2019

Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir. Iskandar (ANTARA/Nova Wahyudi)

Kayuagung, Sumatera Selatan (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, menargetkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) meningkat pada 2019 dengan membuat indikator dan parameter khusus.

Bupati Ogan Komering Ilir Iskandar di Kayuagung, Jumat, mengatakan, salah satu paramater dan indikator yang akan diterapkan yakni realisasi penyerapan anggaran.

"APBD jangan sampai mengendap agar manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Jika realisasinya cepat maka masyarakat juga yang akan merasakan dampak ikutan lainnya," kata dia.

Dia menekankan kinerja penyerapan anggaran ini sangat penting karena APBD masih jadi komponen penting untuk mendorong laju perekonomian di OKI.

"Jika dana APBD Rp2,4 triliun ini beredar di masyarakat daya beli akan meningkat, industri terpengaruh laju pertumbuhan ekonomi akan terdongkrak," kata dia.

Bupati Iskandar menekankan beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan oleh Kepala OPD, di antaranya, membuat program 2019 sehingga dapat berjalan efektif sejak di awal Januari 2019.

"Artinya, persiapan lelang harus dilakukan lebih awal, sehingga, saya sampaikan lagi, manfaatkan e-procurement, e-catalog di LPSE," kata Iskandar.

Kemudian, yang kedua, bupati meminta penggunaan anggaran harus tertib administrasi dan penggunaan anggaran memberikan manfaat yang optimal dan seluas-luasnya bagi masyarakat. Artinya, fokus pada outcome bukan sekadar output.

"Kesalahan administrasi jangan berulang-ulang alokasi betul-betul dominan untuk kegiatan utama, bukan habis untuk kegiatan-kegiatan pendukung," kata dia.

Bupati Iskandar meminta kepala OPD agar kreatif mencari sumber pendanaan di luar APBD. "Artinya, cari sumber pendanaan lain baik dipusat maupun melalui pihak ketiga demi percepatan pembangunan, kata dia.

Kemudian, yang keempat, Iskandar ingin OPD fokus bekerja tidak termakan isu mutasi maupun rotasi jabatan.

"Jangan khawatir saya ini sudah berpengalaman. Saya tidak akan pilih kasih. Yang penting berintegritas, loyal, penuh inovasi dan kreasi dalam melayani masyarakat," kata dia.