Pengunjung Punti Kayu masih belum jaga kebersihan

id punti kayu,hutan wisata,twa punti kayu

Pengunjung Punti Kayu masih belum jaga kebersihan

Pengunjung kawasan wisata alam Punti Kayu Palembang (Antarasumsel.com/Aziz Munajar/17)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pengunjung Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang masih banyak belum jaga kebersihan, hal tersebut di keluhkan pengelola. 

"Memang harus diakui ya, ada pengunjung yang ditemui masih buang sampah tidak pada tempatnya, malah mereka sengaja buang atau tinggalkan di tempat piknik dengan alasan memberi makan monyet-monyet," kata Humas pengelola TWA punti Kayu Antony, Rabu. 

Menurutnya kendati bermaksud memberi makan puluhan monyet penghuni punti kayu, perilaku pengunjung yang buang sampah sembarangan tidak bisa di benarkan, malah justru semakin mengotori kawasan hutan pinus tersebut karena monyet-monyet akan membawa sampah kemana-mana. 

Dia menerangkan sampah umumnya bekas makanan pengunjung yang di bawa dari luar, seperti bungkus nasi, snack, air mineral, buah-buahan dan kemasan makanan siap saji, padahal pengelola sudah banyak memasang papan peringatan agar tidak buang sampah sembarangan. 

"Kira-kira dari total pengunjung setiap hari, ada 30 persen yang tidak patuh kebersihan, memang ada petugas kebersihan tetapi bukan berarti pengunjung bisa seenaknya buang sampah toh," ujar Antony. 

Bahkan pada hari-hari libur dengan angka kunjungan tinggi, pengelola menyiagakan petugas  tambahan membersihkan kawasan hutan dua kali sehari guna memastikan kawasan hutan Punti Kayu seluas 50 hektar tetap bersih dan nyaman bagi pengunjung. 

Ditambahkannya lagi, setiap hari sampah yang terkumpul di TWA Punti Kayu bisa mencapai volume dua mobil pick up, bisa bertambah seiring penigkatan pengunjung,  namun semua sampah tidak dibawa ke TPS melainkan di bakar. 

Pihaknya berharap kepada semua pengunjung agar sama-sama menjaga kebersihan Punti Kayu sebagai salah satu destinasi wisata andalan Kota Palembang.
 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar