Pemkab Musi Banyuasin kembangkan kampung siaga bencana

id kampung siaga,musi banyuasin,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara sumsel hari ini,Apriyadi

Pemkab Musi Banyuasin kembangkan kampung siaga bencana

Arsip- Kampung siaga untuk mengantisipasi bencana alam (ANTARA News Sumsel)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya mengembangkan "Kampung Siaga Bencana" (KSB) yang mulai dibentuk sejak beberapa tahun terakhir sehingga paling tidak terdapat satu KSB di setiap kecamatan.

"Kampung siaga bencana sekarang ini baru terdapat di dua kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di kabupaten ini, kondisi ini mendorong terus dilakukan pengembangan KSB," kata Sekda Musi Banyuasin Apriyadi, di Sekayu, Rabu.

Menurut dia, pengembangan kampung siaga bencana perlu terus dilakukan karena manfaatnya cukup besar untuk membantu masyarakat menghadapi kemungkinan terjadinya berbagai bencana terutama pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

"Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam di Bumi `Serasan Sekate` baik pada musim hujan maupun kemarau, Kampung Siaga Bencana seperti yang ada di Desa Babat Banyuasin, Kecamatan Babat Supat secara bertahap dikembangkan di sejumlah kecamatan lainnya yang tergolong rawan bencana," ujarnya.

Dia menjelaskan, melalui kampung siaga bencana dapat memberikan pengetahuan dan memotivasi masyarakat berperan aktif menanggulangi suatu bencana yang sewaktu-waktu bisa melanda kawasan permukiman penduduk atau suatu desa.

Dengan dibentuknya KSB, masyarakat yang berada di sekitar lokasi pembentukan kampung siaga bencana diberikan pelatihan mengenai cara melakukan evakuasi korban bencana, pertolongan pertama kepada korban, dan menyalurkan bantuan.

"Dengan adanya kampung siaga bencana di sekitar daerah rawan terjadinya bencana, sukarelawan yang terlatih itu dapat memberikan pertolongan secara cepat sehingga dapat dihindari timbulnya kerugian harta benda dan korban jiwa dalam jumlah besar," kata Sekda.