Pramuka Musirawas galang dana bantu korban tsunami

id donasi,pramuka musirawas,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Pramuka Musirawas galang dana bantu korban tsunami

Ilustarasi. (Ist)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0406/Musirawas, Sumatera Selatan mengumpulkan dana untuk membantu korban tsunami Selat Sunda yang berdampak di wilayah Banten dan Lampung.

Puluhan anggota Pramuka Saka Wira Kartika tersebut mulai Senin turun kejalan protokol di kota Lubuklinggau dan kabupaten tersebut untuk mengumpulkan dana guna membantu korban Tsunami.

Komandan Kodim 0406/Musi Rawas, Letkol Letkol Kav Dodi Syamsurizal melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Kapten Inf Muhammad Assad dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Selasa, mengatakan, penggalangan dana ini sebagai bentuk keprihatinan dan simpati dari anggota gerakan Pramuka Saka Wira Kartika terhadap korban Tsunami Selat Sunda.

Selain itu penggalangan dana untuk membantu korban Tsunami itu sebagai bentuk implementasi dari Dasa Darma Pramuka, ujar dia. "Penggalangan dana ini sebagai Dasa Dharma Pramuka, dimana sebagai anggota Pramuka Saka Wira Kartika harus bisa bermanfaat bagi orang lain apalagi bagi saudara kita yang sedang terkena bencana alam," ujarnya.

Lebih lanjut dia meminta agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik guna memantapkan tekad kaum muda sebagai generasi penerus yang nantinya akan menjadi pemimpin dalam membangun daerah. "Selain itu, generasi muda menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa memiliki kepribadian dan watak yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani serta memiliki kesetiakawanan yang tinggi serta berjiwa Pancasila," jelasnya.

Dia mengatakan, apalagi kesadaran membela negara, harus dibangun, dibina dan ditumbuh kembangkan dalam diri setiap warga negara sejak usia dini. Oleh karenanya, kepada para peserta diminta untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya guna menambah bekal pengetahuan, baik untuk pribadi maupun Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0406/Musirawas.

Hasil penggalangan dana tersebut akan dikumpulkan ke Posko Penggalangan Dana dan Kemanusiaan Kodim 0406/Musirawas untuk dikirim bersama-sama dengan bantuan dari masyarakat Kota Lubuklinggau dan Kab. Musirawas yang peduli dengan korban tsunami Selat Sunda.