Disnakan OKU Timur cegah penyebaran penyakit hewan musim pancaroba

id hewan,penyakit hewan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara palembang hari ini,antara hari ini

Disnakan OKU Timur cegah penyebaran penyakit hewan musim pancaroba

Pemeriksaan Kelayakan Hewan. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Martapura, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan melakukan upaya pencegahan penyebaran penyakit yang dapat menyerang hewan peliharaan seperti unggas saat musim pancaroba.

"Karena saat cuaca ekstrim musim hujan seperti sekarang ini berbagai penyakit dapat menyerang hewan ternak khususnya pada unggas seperti flu burung," kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sujarwanto di Matapura, Senin.

Dia mengemukakan, upaya pencegahan yang dilakukan oleh petugas Disnakan wilayah setempat tersebut dengan membersihkan sejumlah kandang unggas milik warga menggunakan air sabun.

"Bahan penyemprotnya mudah sekali didapat yaitu hanya menggunakan cairan sabun sisa cucian sehingga warga bisa melakukan upaya pencegahaan sendiri agar unggas tidak diserang flu burung," katanya.

Menurut dia, menyemprotan air sabun pada kandang unggas merupakan cara efektif untuk membunuh virus flu burung agar tidak menyerang hewan yang dipelihara warga hingga mati mendadak.

"Penyakit flu burung ini juga dapat menular pada manusia sehingga jika ada unggas yang mati mendadak harus segera dikubur atau dibakar guna mencegah penularannya," ungkapnya.

Selain flu burung kata dia, pihaknya juga mengantisipasi penyebaran penyakit rabies dengan memberikan suntikan vaksin pada hewan peliharaan seperti anjing dan kera.

"Penyakit ini juga dapat menular pada manusia melalui gigitan anjing ataupun kera yang mengidap rabies sehingga kami memberikan suntikan vaksin guna mengantisipasi penyebarannya," jelasnya.

Menurut dia, upaya yang dilakukan oleh pihaknya itu guna memberikan perlindungan agar hewan ternak tidak diserang penyakit saat musim hujan sekaligus mengantisipasi penularannya pada manusia.

"Perlindungan hewan ini diberikan secara gratis dan masyarakat bisa mengajukan permohonan untuk mendapat pelayanan tersebut ke Disnakan Ogan Komering Ulu Timur atau UPTD terdekat," ujar dia.