Pertamina ajak masyarakat di Bengkulu konsumsi BBM bermutu

id pertamina,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,bbm bermutu,pertamax

Pertamina ajak masyarakat di Bengkulu konsumsi BBM bermutu

PT Pertamina (persero) mengajak masyarakat di Bengkulu untuk mengonsumsi bahan bakar minyak bermutu (ANTARA News Sumsel)

Bengkulu (ANTARA News Sumsel) - PT Pertamina (persero) mengajak masyarakat di Bengkulu untuk mengonsumsi bahan bakar minyak bermutu agar membatasi emisi gas buang kendaraan bermotor yang merusak lingkungan.

"Kami mengajak masyarakat untuk menggunakan produk BBM yang kualitasnya lebih baik, seperti pertalite, pertamax, dan pertamax turbo," kata Junior Sales Executive Retail IX Pertamina, Arga Satya di Bengkulu, Jumat.

Dia menjelaskan BBM pertalite dengan research octane number (RON) 90, pertamax dengan RON 92, dan turbo dengan angka RON 98 menawarkan efektivitas kinerja mesin yang lebih baik sekaligus efisiensi penggunaan hemat bahan bakar.

"Riset menyebutkan semakin tinggi oktan, maka proses pembakaran bahan bakar semakin sempurna. Ini berdampak terhadap kinerja mesin," ujarnya.
PT Pertamina (persero) mengajak masyarakat di Bengkulu untuk mengonsumsi bahan bakar minyak bermutu (ANTARA News Sumsel)

Selain itu, dia menuturkan bahwa BBM jenis pertamax dan pertamax tubro juga dinilai lebih ramah lingkungan karena rendahnya emisi gas dan angka sulfur di bawah 50 ppm.

"Kita jangan egois terhadap diri sendiri, memakai bahan bakar yang murah, tapi justru itu merusak lingkungan. Kita harus berpikir untuk keberlangsungan generasi selanjutnya," ucap dia. 

Lebih lanjut Agra menyampaikan bahwa negara-negara di dunia saat ini telah meninggalkan penggunaan premium untuk bahan bakar kendaraan, karena kandungan timbal dan sulfur BBM jenis ini merusak kualitas udara untuk jangkan panjang.

"Banyak negara telah memakai bahan bakar Euro 4 yang kalau di Indonesia setara dengan pertamax turbo. Mereka mengurangi konsumsi premium karena berdampak buruk terhadap lingkungan," kata dia. 

Senior Mekanik Patria Anugerah Sentosa, Irpan Abimayu, mengungkapkan bahan bakar beroktan 92 untuk pertamax dan 98 untuk pertamax turbo menyebabkan proses pembakaran sempurna, sehingga tidak menghasilkan karbon dan kerak.
"Dua jenis bahan bakar ini menggunakan zat adiktif yang berfungsi menghambat korosi, emisi dan juga hemat," kata dia.

Irpan menyampaikan bahwa pihaknya pernah melakukan uji hemat bahan bakar menggunakan dua jenis BBM, yaitu pertalite dan pertamax.

"Saat itu kami isi sepeda motor Honda CBR dengan pertalite penuh, namun hanya tahan dua minggu. Ketika saya isi jenis pertamax durasi waktunya menjadi lebih lama hingga tiga minggu," ungkapnya.
PT Pertamina (persero) mengajak masyarakat di Bengkulu untuk mengonsumsi bahan bakar minyak bermutu (ANTARA News Sumsel)

Sementara itu, Traveler Instagram Mutiara mengakui keunggulan pemakaian bahan bakar berkualitas telah menjadikan perjalanannya menjadi lebih nyaman saat menyusuri berbagai rute destinasi di Provinsi Bengkulu.

"Jumlah SPBU di Bengkulu masih minim, kalaupun ada jaraknya jauh. Memakai BBM beroktan tinggi membuat kendaraan lebih hemat dan bertenaga, sehingga saya tidak takut kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Ini menjadikan traveling terasa lebih nyaman," tuturnya.
PT Pertamina (persero) mengajak masyarakat di Bengkulu untuk mengonsumsi bahan bakar minyak bermutu . (ANTARA News Sumsel)