Palembang butuh 77 kolam retensi atasi banjir

id kolam retensi,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini

Palembang butuh 77 kolam retensi  atasi banjir

Arsip- Kolam retensi di Jl. Demang Lebar Daun Palembang atau tepatnya Simpang Polda sedang deronovasi. (ANTARA News Sumsel/17/M Fikri/I016)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan membutuhkan 77 kolam retensi untuk mengatasi masalah banjir yang biasa muncul ketika hujan deras lebih dari satu jam.

"Sekarang ini baru ada 34 kolam retensi, untuk mencapai jumlah kolam retensi sesuai dengan kebutuhan pihaknya secara bertahap setiap tahun melakukan pembuatan kolam terutama di daerah rawan banjir," kata Sekretaris Daerah Palembang Harobin Mastofa, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, untuk mengatasi banjir, pada 2018 ini dilakukan penambahan beberapa kolam retensi di sejumlah kawasan permukiman penduduk.

Kolam retensi yang berfungsi sebagai resapan dan pengendali luapan air hujan di daerah rawan terjadi genangan/banjir akan terus ditambah hingga jumlah ideal 77 hingga 80 kolam.

Untuk mengatasi masalah banjir ketika hujan deras turun, sambil menunggu pembangunan kolam retensi hingga sesuai dengan jumlah ideal, pihaknya menggalakkan program gotong royong setiap akhir pekan.

Dalam kegiatan gotong royong bersama warga kota itu dilakukan pembersihan saluran air dan normalisasi anak Sungai Musi di kawasan permukiman penduduk dan sejumlah tempat lainnya, ujarnya.

Dia menjelaskan untuk mengatasi masalah banjir di Bumi Sriwijaya itu, tidak bisa dibebankan sepenuhnya kepada Pemkot Palembang yang memiliki keterbatasan anggaran dan personel.

"Berdasarkan kondisi tersebut, partisipasi masyarakat memiliki peran yang sangat besar dalam mengatasi masalah banjir dan lingkungan secara umum," kata Sekda.