Ogan Komering Ulu Selatan dibantu bus sekolah

id bus sekolah,bantuan bus sekolah,berita sumsel,berita palembang,antara palembang,antara sumsel,Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu Selatan, Amroelian T

Ogan Komering Ulu Selatan dibantu bus sekolah

Armad bus sekolah (ANTARA /Muhammad Adimaja)

Muaradua, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan mendapat bantuan dua unit bus sekolah dari Kementerian Perhubungan RI untuk angkutan umum pelajar di wilayah itu.

"Alhamdulillah usulan bantuan bus sekolah sudah direalisasikan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan RI," kata Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu Selatan, Amroelian Thoni di Muaradua, Kamis.

Dia mengemukakan, sebelumnya pihaknya mengajukan usulan bantuan bus sekolah kepada pemerintah pusat mengingat di wilayah setempat minim keberadaan angkutan umum tersebut sehingga sangat dibutuhkan guna mengangkut pelajar agar tidak terlambat sampai ke sekolah.

"Selama ini khususnya pelajar yang jaraknya jauh dari tempat sekolah sering terlambat masuk ke sekolah karena terlalu lama menunggu angkutan umum datang," katanya.

Dengan adanya bus sekolah ini kata dia, diharapkan pelajar bisa tepat waktu sampai ke sekolah dan tidak kehilangan waktu belajarnya.

"Adanya bus sekolah ini secara tidak langsung turut membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, bus sekolah pemberian pemerintah pusat ini merupakan jenis Trans Musi yang sudah dilengkapi AC dan alat keamanan serta sabuk pengaman di setiap kursinya.

Angkutan umum ini lanjut dia, memiliki kapasitas 40 orang penumpang yang terdiri atas 18 kursi untuk umum dan dua tempat duduk khusus bagi penyandang disabilitas serta gantung tangan.

"Setiap kursi untuk dua orang penumpang dan gantung tangan bagi yang berdiri. Sebelum bus ini mulai dioperasionalkan, kami akan membuat trayeknya dulu sekaligus melengkapi kelengkapannya agar layak jalan," ujarnya.