Manchester City singkirkan Leicester untuk menuju semifinal Piala Liga

id Manchester City,Leicester City,liga inggris,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,fa,sepak bola inggris

Manchester City singkirkan Leicester untuk menuju semifinal Piala Liga

Pemain Manchester City. (ANTARA News Sumsel/Reuters)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Manchester City menyingkirkan Leicester City untuk melaju ke semifinal Piala Liga Inggris, berkat kemenangan adu penalti 3-1 dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion King Power, Leicester, Inggris Rabu dini hari WIB.

Kiper City Arijanet Muric menjadi pahlawan City ketika sang juara bertahan menjaga peluang untuk menjadi tim yang mampu mempertahankan gelar untuk pertama kalinya sejak Manchester United melakukan hal itu pada 2010, demikian catatan pertandingan di laman resmi kompetisi.

Kevin De Bruyne, yang tampil sebagai pemain inti untuk pertama kalinya sejak menderita cedera ligamen lutut pada putaran sebelumnya saat melawan Fulham, membawa pasukan Pep Guardiola memimpin pada menit ke-14 melalui sepakan dari luar kotak penalti.

Riyad Mahrez melepaskan tembakan yang melambung ke gawang bekas klubnya dari tepi kotak penalti, namun tidak banyak peluang lain tercipta pada babak pertama.

Sergio Aguero, yang seperti De Bruyne kembali ke tim inti setelah sempat diganggu masalah cedera, mematahkan perangkap offside Leicester pada awal babak kedua. Kiper Danny Ward mampu menggagalkan tembakannya.

Mahrez menciptakan peluang dan melepaskan sepakan melengkung pada menit ke-67, namun setelah Ilkay Gundogan masuk menggantikan De Bruyne, sang juara bertahan Liga Inggris harus menebus kegagalan mereka memaksimalkan peluang-peluang yang dimiliki.

Operan bagus dari WIlfried Ndidi keliru diantisipasi bek kiri Olexandr Zinchenko, dan Marc Albrighton mampu mengemas gol balasan pada menit ke-73.

Mahrez kembali mendapat peluang bagus dan Phil Foden melepaskan sepakan melebar dengan kaki kanannya, membuat kiper pelapis Ederson, Muric, dapat menikmati rasanya menjadi sorotan.

Skor imbang sampai waktu normal habis membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti, seperti yang terjadi 12 bulan silam, dan Leicester tidak terlihat memiliki ketenangan sebagaimana yang mereka miliki pada adu penalti di putaran-putaran sebelumnya.

Eksekusi Christian Fuchs melambung, kemudian eksekusi James Maddison dan Caglar Soyuncu membuat kegagalan Raheem Sterling dapat diabaikan menyusul eksekusi bergaya Panenkanya. Pemain-pemain pengganti lain Ilkay Gundogan dan Gabriel Jesus sukses menunaikan tugasnya sebelum Oleksandr Zinchenko membawa tim tamu melaju ke putaran selanjutnya.

Pada pertandingan lainnya, tim strata ketiga Inggris Burton Albion mencuri kemenangan 1-0 dari tim strata kedua Middlesbrough. Gol semata wayang di laga tersebut dibukukan Jake Hesketh pada menit ke-48 yang membawa Burton melaju ke semifinal untuk berhadapan dengan City.

Susunan pemain seturut laman resmi FA:

Leicester City (4-3-3): Ward, Simpson, soyuncu, Maguire, Fuchs, Ndidi, Iborra (Albrighton 61'), Choudhury, Ghezzal (Maddison 53'), Iheanacho (Pereira 81'), Gray

Manchester City (4-3-3): Muric, Walker, Stones, Otamendi, Zinchenko, De Bruyne (Gundogan 71'), Garcia, Foden, Mahrez, Aguero (Jesus 76'), Diaz (Sterling 66').