Rutan Baturaja tes urine puluhan warga binaan

id tes urine,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara sumsel hari ini,Puskesmas Sekarjaya,Herdianto

Rutan Baturaja tes urine puluhan warga binaan

Dokumentasi- Petugas memeriksa Urine milik napi. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Rumah Tahanan Negara Kelas II-B Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melakukan tes urine puluhan warga binaannya guna memastikan tidak ada tahanan yang terindikasi menggunakan narkoba.

"Tes urine ini selain mendadak, juga kami lakukan secara acak dan bergantian bagi seluruh penghuni rutan khususnya tahanan kasus narkoba. Untuk kali ini sekitar 34 orang warga binaan dulu yang diuji sampel air seninya," kata Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II-B Baturaja, Ogan Komering Ulu, Herdianto di Baturaja, Rabu.

Dia mengemukakan, dalam melaksanakan tes urine pihaknya bekerja sama dengan tim medis dari Puskesmas Sekarjaya, Kecamatan Baturaja Timur untuk menguji air seni para warga binaan Rutan Baturaja guna memastikan tidak terindikasi menggunakan narkoba.

"Hasil tes urine tersebut tidak ada narapidana yang positif menggunakan narkoba," ungkapnya.

Dia menegaskan, tes urine yang dilaksanakan ini merupakan instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen Pas) guna menekan peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan di seluruh Indonesia.

"Kami ingin memastikan tidak ada peredarannya di Rutan Baturaja yang dikendalikan narapidana ataupun oknum sipir dalam memasok narkoba ke dalam rutan," tegasnya.

Menurut dia, meskipun hasil tes urine tidak ditemukan warga binaan yang terindikasi menggunakan obat-obatan terlarang, namun upaya memutus jaringan narkoba di Rutan Baturaja terus dilakukan dengan menggelar razia di setiap kamar hunian narapidana.

Selain itu kata dia, razia tersebut juga memeriksa setiap barang yang dibawa pengunjung saat membesuk warga binaan untuk mencegah narkoba masuk ke rutan setempat.

"Dengan upaya yang kami lakukan ini dipastikan tidak ada cela narkoba masuk apalagi beredar di dalam rutan," ujarnya.