Dinkes Musi Banyuasin galakkan PSN cegah DBD

id dbd,demam berdarah,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,musi banyuasin

Arsip - Petugas melakukan fogging atau pengasapan mencegah DBD. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Musi Banyuasin, Sumatera Selatan mendorong masyarakat menggalakkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk untuk mencegah mewabahnya penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada musim hujan saat ini.

Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) seperti menguras, membersihkan, menutup dan memberikan larvasida pada bak penampungan air, membersihkan saluran air dan mengubur barang bekas yang bisa menampung air hujan dan menjadi sarang nyamuk, serta pengasapan (fogging), kata Plt Kepala Dinkes Musi Banyuasin, dr Azmi Dariuansyah di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan seperti tahun-tahun sebelumnya pada setiap musim hujan terdapat cukup banyak masyarakat terserang DBD, dalam kondisi sekarang ini masyarakat perlu meningkatkan kewaspadaan dari ancaman penyakit tersebut.

Untuk mencegah serangan penyakit yang disebabkan virus yang ditularkan nyamuk aedes aegypti itu, masyarakat disarankan meningkatkan kebersihan lingkungan dan melakukan PSN di rumah atau tempat aktivitas lainnya.

Upaya yang paling efektif untuk meminimalkan kasus deman berdarah dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat melakukan kegiatan PSN secara maksimal, katanya.

Menurutnya berdasarkan data pada tahun-tahun sebelumnya terdapat ratusan penderita DBD di Bumi Serasan Sekate ini dengan usia penderita mayoritas di bawah 15 tahun atau anak-anak.

Melalui berbagai upaya pencegahan tersebut dan peningkatan kewaspadaan masyarakat terhadap ancaman serangan penyakit yang biasanya meningkat pada saat musim hujan itu, pihaknya berharap jumlah kasus DBD pada tahun ini dapat diminimalkan, ujar dr Azmi.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar