627 pelamar CPNS Kemenag Sumsel ikut psikotes

id cpns,calon pegawai negeri sipil,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

627 pelamar CPNS Kemenag Sumsel ikut psikotes

Dokumentasi - Peserta mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Sebanyak 627 orang pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Agama(Kemenag) Sumatera Selatan(sUMSEL) mengikuti psikotes.

"Psikotes merupakan bagian dari seleksi kompetensi bidang (SKB) pada pengadaan CPNS 2018, kata Kakanwil Kemenag Sumsel, HM.Alfajri Zabidi didampingi Kabag Tata Usaha, H. Abadil ditemui usai memberikan pengarahan kepada para peserta tes di Palembang, Senin.

Dia mengatakan, sebenarnya badan kepegawaian negara (BKN) menetapkan pelamar CPNS Kemenag Sumsel yang berhak mengikuti SKB berjumlah 648.

Namun ternyata yang hadir pada hari pertama SKB ini hanya 627 orang.

Ada 21 orang yang tidak datang, sehingga otomatis gugur dalam seleksi. Kita tidak mengetahui pasti alasan ketidakhadiran tersebut, ujar Kakanwil.

Mereka yang berhak mengikuti SKB ini merupakan hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) yang diadakan pertengahan November 2018. Saat itu, ada 4.149 pelamar yang mengikuti tes," katanya.

Kemenag Sumsel mendapatkan alokasi formasi sebanyak 272 CPNS. Dengan ketatnya persaingan memperebutkan kursi CPNS ini diharapkan benar-benar dapat memperoleh aparatur sipil negara yang berkompeten dan profesional.

Dia mengatakan, SKB untuk pelamar CPNS Kemenag Sumsel digelar pada 17 - 21 Desember 2018.

Psikotes dilaksanakan pada 17 Desember 2018, pukul 08.00 - 11.00 WIB, wawancara pada 18 dan 19 Desember 2018, pukul 08.00 WIB sampai selesai, serta praktek kerja pada 19 dan 20 Desember 2018 mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai.

Sementara Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel, H.Saefudin menambahkan, selain untuk Formasi Kanwil Kemenag Sumsel, MAN 3 Palembang juga menjadi tempat SKB pelamar CPNS Formasi Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang dan UIN Raden Fatah Palembang.

Ada 80 peserta yang mengikuti SKB dengan rincian 76 untuk UIN Raden Fatah dan empat orang untuk Formasi BDK, katanya.