Bupati terima penghargaan sebagai Kabupaten peduli HAM

id Kuryana Azis,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,bupati oku,berita antara

Bupati terima penghargaan sebagai Kabupaten peduli HAM

Bupati Ogan Komering Ulu, Kuryana Azis saat rapat koordinasi bersama instansi terkait di Gedung Abdi Praja Pemkab setempat. (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis menerima penghargaan sebagai kabupaten peduli Hak Asasi Manusia (HAM) yang diterima pada Peringatan Hari HAM sedunia ke-70 2018 di Gedung Kemenkumham, Jakarta, Selasa (11/12).

"Penghargaan ini diberikan langsung Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly sehubungan dengan kriteria penilaian untuk kabupaten/kota peduli HAM tahun 2017," katanya di Baturaja, Jumat.

Dia mengemukakan, predikat yang diraih tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM nomor M.HH-01.HA.02.02/2018 tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peduli HAM pada 2017 yaitu 271 Kabupaten/Kota Peduli HAM dan 75 Kab/Kota Cukup Peduli.

Menurutnya dianugerah ini berkat hasil kerja keras dan iklas dari seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di pemerintahan daerah setempat serta dukungan masyarakat di wilayah itu.

"Saya sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Kemenkumham yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu melalui penghargaan ini," ungkapnya.

Ia menjelaskan penghargaan ini merupakan predikat istimewa dan memiliki kriteria tinggi yang diraih atas perjuangan pihaknya dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat seperti hak mendapat pelayanan kesehatan, pendidikan dan kependudukan.

Dengan diterimanya penghargaan ini, lanjutnya diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi Pemkab Ogan Komering Ulu agar selalu memperbaiki serta meningkatkan standar dan aturan terkait dengan HAM.

"Kami juga berkomitmen guna mewujudkan sekaligus meningkatkan kesadaran serta berpartisipasi baik dari pemerintah maupun masyarakat untuk menegakan HAM di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini," ujarnya.

Dia juga berharap kepada seluruh pihak terkait dan masyarakat di wilayah itu agar bersama-sama menjaga komitmen untuk menegakkan HAM khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini.

"Dari pemerintah melalui kebijakannya, sedangan masyarakat melalui pelakasanaannya," tegasnya.