62 persen wilayah Indonesian masuki musim hujan

id hujan,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,bmkg

62 persen wilayah Indonesian masuki musim hujan

Personel SAR Palembang mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir di Sekip Bendung, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (13/11/2018). Intensitas hujan yang sangat tinggi dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sejumlah daerah di Palembang banjir. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sebanyak 62 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan.

"Beberapa wilayah mendapatkan curah hujan tinggi, namun ada juga yang curah hujan rendah," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Herizal dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Wilayah yang mendapatkan curah hujan tinggi atau lebih dari 150 mm/dasarian terjadi di Sumatera Barat, Riau bagian Tengah, Jambi bagian barat, Muko-muko, Pekanbaru, Kampar, Kerinci, Belitung, Cilacap, Semarang, Kapuas Hulu, Samarinda, Flores, Sorong, Nabire dan Mimika.

Dia mengatakan, curah hujan tertinggi yang tercatat pada November 2018 sebesar 400 mm yang turun dalam sehari di Karang Nunggal, Tasikmalaya.

Sedangkan, pada November 2018, akumulasi tertinggi curah hujan mencapai 1.325 mm juga di lokasi yang sama.

Sementara untuk hujan dengan kategori rendah atau 0-50 mm/dasarian masih dialami Sumatera Utara bagian Tengah, pesisir Utara Jawa Barat, DKI Jakarta, Situbondo, Banyuwangi, sebagian besar Sulawesi Tengah, Bombana, Kolaka, Ambon, Kairatu dan Merauke.

Lebih lanjut dia menjelaskan, untuk 10 hari ke depan, akumulasi curah hujan sangat tinggi terjadi di bagian Barat Sumatera/Pesisir Barat mulai Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi bagian Barat, Sumsel bagian Barat sampai Bengkulu, Bangka bagian Utara, Belitung, Kalimantan Barat bagian Barat, Sulawesi Selatan bagian Selatan, sebagian Papua sekitar Pegunungan Jayawijaya.

Untuk itu, Ia menghimbau masyarakat mewaspadai daerah-daerah yang diprediksi berpotensi curah hujan tinggi , khsususnya di daerah yang rawan banjir di sebagian besar Sumatera, Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, sebagian Kalimantan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan sebagian kecil Papua.

Peningkatan curah hujan yang terjadi pada musim hujan, berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi di sebagian besar wilayah Indonesia.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selama pertengahan Desember 2018 telah terjadi rentetan bencana antara lain longsor, kejadian puting beliung, dan banjir di beberapa lokasi.

Pada November 2018, tercatat 72 kejadian banjir, 74 bencana longsor, dan 77 kejadian puting beliung.