Gubernur Sumsel minta Kadin menjadi pembina petani

id Herman Deru,gubernur sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,kadin

Gubernur Sumsel minta Kadin menjadi pembina petani

Gubernur Sumsel Herman Deru. (Dok.HumasProvSumsel/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru minta kepada Kamar Dagang dan Industri Indonesia daerah itu untuk menjadi pembina bagi petani yang ada di provinsi tersebut.

KADIN perlu menjadi pendorong kemajuan petani dan membuat wilayah binaan khusus, kata gubernur di Palembang, Jumat.

"Seharusnya organisasi itu sudah ada wilayah binaan sendiri. Misalnya perkebunan, jadi mulai dari penanaman dan lain-lain di situ semua. Ini bisa jadi wadah untuk beraktifitas sosial juga tujuannya untuk kesejahteraan petani," jelas gubernur.

Oleh karena itu gubernur minta agar lebih berkonsentrasi membantu sektor pertanian dan perkebunan karena petani jenis ini kerap terkendala permodalan.

"Kalau kita lihat kendala pelaku usaha ini (petani) kebanyakan soal modal," kata dia.

Apalagi selama ini pihaknya merasa prihatin karena melihat petani kerap kali hanya menjadi buruh di tanahnya sendiri, ujar dia.

Ia mengatakan untuk itu diminta KADIN menjadi stakeholder petani dalam mendapatkan modal dan melakukan pembinaan agar petani bisa menjadi entrepreneurship untuk usahanya sendiri.

"Bahkan apa yang didapatkan petani itu kalau sudah panen selama ini tidak sebanding.Mereka punya tanah tapi hasilnya sama seperti kalau mereka ambil upahan," kata dia.

Jadi disinilah dirinya minta peran Kadin untuk mengedukasi para petani agar mereka mengerti bahwa mereka sebenarnya adalah pemilik," jelasnya.

Gubernur mengatakan, atas dasar itupula langkah dan terobosan dari Kadin sangat dinantikan baik dalam memajukan pertanian di daerah ini.

Bukan itu saja tetapi kadin juga bisa membuat usaha dan turunan produk unggulan di daerah tersebut termasuk di bidang pertanian, kata dia.

Sementara itu Ketua KADIN Sumsel Ferdi A saqat pertemuan lalu mengatakan, pihaknya siap mendukung segala program dan visi misi gubernur dan wakil gubernur.

Oleh karena itu pihaknya minta agar keberadaan Kadin diikutsertakan dalam pembangunan di Sumsel, tambah dia.