Kapolda imbau anggotanya netral dalam Pilpres 2019

id Irjen Pol Zulkarnain Adinegara,Kapolda Sumatera Selatan,Polri,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Kapolda imbau anggotanya netral dalam Pilpres 2019

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Rabu (26/9) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengimbau anggota Polri di wilayahnya bersikap netral dalam pesta demokrasi pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden pada 17 April 2019.

"Anggota Polri tidak boleh memihak pada salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden serta calon anggota legislatif yang pelaksanaannya baru pertama kali digelar bersamaan," kata Kapolda di Palembang, Kamis.

Menurut dia, anggota Polri diberi tugas oleh negara untuk menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat, jangan sampai justru sebaliknya melakukan tindakan yang dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas karena dinilai tidak netral.

Jika ada anggota Polri di daerah ini terbukti bersikap tidak netral dalam pesta demokrasi itu, pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai disiplin kepolisian, katanya.

Untuk menjamin netralitas anggota Polri dalam pemilihan anggota legislatif dan kepala negara itu, pihaknya mengajak semua pihak dan lapisan masyarakat serta insan pers di daerah ini melakukan kontrol sosial.

Terwujudnya pemilihan legislatif dan pemilihan presiden secara serentak pada 2019 menjadi tanggung jawab bersama, sehingga bisa diperoleh wakil rakyat dan kepala negara yang sesuai dengan kehendak rakyat.

"Mari bersama-sama menjaga kondisi kamtibmas tetap kondusif, jangan sampai ada hal-hal yang dapat mengganggu jalannya pesta demokrasi rakyat," ujar Kapolda.