Muenchen amankan puncak klasemen Grup E

id Muenchen,Liga Champions,Amsterdam

Muenchen amankan puncak klasemen Grup E

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski merayakan gol yang dicetaknya dalam pertandingan Grup E Liga Champions melawan Ajax Amsterdam pada Rabu (12/12/2018). (twitter.com/ChampionsLeague)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Bayern Muenchen mengamankan posisi puncak klasemen Grup E Liga Champions, setelah pada Kamis dini hari WIB bermain imbang 3-3 melawan Ajax Amsterdam pada pertandingan yang dimainkan di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Belanda.

Dengan hasil ini, Muenchen total mengumpulkan 14 poin, unggul dua poin atas tim peringkat kedua Ajax, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.

Pertandingan antara dua tim yang telah memastikan diri lolos ke 16 besar ini berlangsung ketat sejak awal. Serge Gnabry memaksa kiper Ajax Andre Onana melakukan penyelamatan bagus setelah Nicolas Tagliafico kehilangan bola, namun sang kiper Ajax tidak dapat berbuat banyak ketika Robert Lewandowski melepaskan tembakan setelah mendapat terlalu banyak ruang untuk menyambar ooperan Gnabry di kotak penalti.

Penyelamatan brilian Onana mencegah Lewandowski mengemas gol kedua setelah serangan yang kembali diawali oleh Gnabry, di mana Ajax sempat frustrasi terhadap upaya mereka untuk memberikan respon sampai Donny Van de Beek menyodorkan bola untuk diteruskan Dusan Tadic menjadi gol ke tiang jauh.

Muenchen akan kembali unggul seandainya Onana tidak melakukan penyelamatan brilian untuk menahan tandukan Lewandowski, di mana Maximilian Woeber mendapat kartu merah karena pelanggaran kerasnya terhadap Leon Goretzka, sebelum Thomas Mueller juga diusir keluar lapangan karena terjangannya terhadap Tagliafico, yang membuat bek kiri itu perlu mendapat jahitan pada lukanya.

Tadic terlihat telah mengemas gol penentu kemenangan pada menit ke-82 setelah Jerome Boateng melanggar Kasper Dolberg, namun itu hanyalah gol pertama dari empat gol yang tercipta dalam rentang waktu 13 menit.

Pelanggaran yang dilakukan Tagliafico terhadap Thiago Alcantara di kotak terlarang membuat Muenchen mendapat hadiah penalti, yang sukses dikonversi Lewandowski untuk mengubah skor kembali imbang pada menit ke-87, dan tiga menit berselang Muenchen berbalik unggul melalui penyelesaian Kingsley Coman ke sisi kiri gawang Ajax.

Muenchen gagal mempertahankan keunggulan, pada menit kelima tambahan waktu Noussair Mazraoui melepaskan umpan tarik ke mulut gawang Muenchen, yang kemudian secara tidak sengaja dilesakkan ke gawang sendiri oleh bek tengah Niklas Suele.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Ajax Amsterdam (4-3-3): Onana, Mazraoui, De Ligt, Woeber, Tagliafico, De Jong, Blind, Van de Beek (Dolberg 78'), Ziyech, Tadic, Neres (Huntelaar 89')

Bayern Muenchen (4-4-2): Neuer, Rafinha, Suele, Boateng, Alaba, Gnabry (Alcantara 62'), Kimmich, Goretzka (Sanches 89'), Ribery (Coman 71'), Lewandowski, Mueller