Kapolda Sumsel ajak pers ciptakan Pemilu damai

id Zulkarnain Adinegara,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,antara hari ini,pemilu,pemilu damai

Kapolda Sumsel ajak pers ciptakan Pemilu damai

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/I016/18) (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/I016/18/)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengajak seluruh insan pers di daerah ini untuk menciptakan pemilu legislatif dan presiden 2019 secara damai.

"Pers berperan penting untuk menyukseskan pemilu yang damai," kata Kapolda saat silaturahim dengan pimpinan media dan wartawan di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, saat masa kampanye biasanya sering terjadi lawan politik mencari-cari kesalahan sehingga itu harus dicernah dengan bijak.

Bukan itu saja, kata Kapolda, kemungkinan bisa saja terjadi berita hoax melalui kampanye hitam dan media harus menghindari itu.

Bahkan, ujar dia, berita bohong harus dilawan sehingga pemilu yang berlangsung damai akan tercipta.

Dia mengatakan, itu menjadi tugas wartawan untuk melakukan kontrol sosial sehingga pemberitaan di media berimbang.

Begitu juga bila ada anggota kepolisian yang berpihak dalam pemilu nanti agar segera diberitahukan karena personel Polri tidak boleh memihak kepada partai politik dan calon legislatif mendatang.

"Mari bersama-sama menciptakan suasana kondusif seperti selama ini dimana Sumsel selalu aman dan damai," ajak Kapolda.

Zulkarnain meminta supaya keberagaman daerah tidak sampai terpecah akibat adanya perselisihan.

Hal ini kata dia, karena calon legislatif cukup banyak sehingga pemberitaan dan kontrol sosial perlu dilaksanakan secara berimbang.

Pemilu 2019 selain memilih presiden dan wakil presiden juga memilih anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, kabupaten dan kota.