Dinas Sosial gandeng mahasiswa atasi masalah PMKS

id penyandang masalah kesejahteraan masyarakat,masalah penyandang,Dinas Sosial Ogan Komering Ulu, Syaiful Kamal,persoalan ODGJ,berita sumsel,berita palem

Dinas Sosial gandeng mahasiswa atasi masalah PMKS

Kabupaten Ogan Komering Ulu (Istimewa)

Baturaja, Sumsel 12/12 (ANTARA News) - Dinas Sosial Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan pada 2019 akan menggandeng mahasiswa dan karang taruna untuk mengatasi masalah penyandang masalah kesejahteraan masyarakat (PMKS) di wilayah itu.

Kepala Dinas Sosial Ogan Komering Ulu, Syaiful Kamal di Baturaja, Rabu mengatakan bahwa dalam mengatasi PMKS pihaknya tidak hanya melibatkan instansi terkait namun juga sejumlah mahasiswa dan karang taruna di wilayah itu juga bakal diikutsertakan agar masalah tersebut dapat teratasi.

"Tahun depan bisa dibuat kerja sama dengan Universitas Baturaja serta sejumlah karang taruna di Ogan Komering Ulu," katanya.

Dia menjelaskan, kerja sama yang akan dijalin tersebut tidak hanya untuk membantu pihaknya guna mengatasi persoalan kemiskinan saja, namun juga terkait orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) agar dapat teratasi dengan baik.

"Jadi pihak ketiga ini bisa ikut ambi bagian tidak hanya dalam membantu masalah kemiskinan saja, namun juga terkait persoalan ODGJ," katanya.

Mahasiswa dan karang taruna nantinya dapat membantu pihaknya guna melakukan pendekatan ke pihak keluarga para ODGJ tersebut agar bisa direhabilitasi.

"Terlebih lagi Kabupaten Ogan Komering Ulu segera memiliki Rumah Singgah yang akan di bangun tahun depan," jelasnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihak ketiga ini diharapkan dapat kooperaktif guna mengentaskan PMKS di Ogan Komering Ulu dan ODGJ bisa mendapat pengobatan melalui rehabilitasi.

"Nantinya mahasiswa dan pemuda karang taruna ini akan kami data untuk diberikan pelatihan," ujarnya.