Brimob Polda Sumsel terjunkan 2/3 personil amankan pilpres

id brimob,pengamanan,pilpres,pemilu,Yuri Karsono,dansat brimob

Brimob Polda Sumsel terjunkan 2/3 personil amankan pilpres

Komandan Satuan Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Yuri Karsono di Lubuklinggau, Selasa (11/12) (ANTARA News Sumsel/Sudirman/Erwin Matondang/18)

Lubuklinggau (ANTARA News Sumsel)- Komandan Satuan Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Yuri Karsono siap terjunkan 2/3 personil untuk pengamanan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 mendatang.

"Terkait pengamanan Pilpres tetap, kalau secara struktur untuk brimob kebetulan saya komandan satgas opda. Satgas opda sendiri terdiri dari satgas empat itu penindaknya dari Polda Sumsel, sedangkan satgas enam untuk pengawalan dari calon kontestan Capres dan Cawapres, itu sampai dengan tingkat Detasemen yang dibawah naungan Kapolres wilayah masing-masing," kata Kombes Pol Yuri Karsono di Lubuklinggau, Selasa.

Kombes Yuri mengatakan, untuk jumlah personil sendiri seluruhnya berjumlah sekitar 1.400 personil, namun jumlah tersebut belum ideal, nantinya dari semua personil tersebut akan dilibatkan 2/3 personil untuk pengamanan Pilpres.

"Untuk batalyon sendiri selain detasemen Musi Rawas, Lubuklinggau, Muratara, ada juga batalyon empat lawang, lahat, dan pagaralam. Untuk pembagian tugas untuk masing-masing detasemen sudah ada, kami sudah mempunyai detasemen kelas A, B, dan C,  untuk satu detasemen ada yang lima kabupaten dan enam kabupaten, untuk sementara ini semua sudah ideal, tetapi tugas  Polri disini dinamika akan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Yuri juga menambahkan, terkait untuk pengiriman pasukan ke Papua untuk ikut serta memburuh Organisasi Papua Merdeka (OPM) Sampai dengan saat ini belum ada petugas brimob polda sumsel.

"Tapi untuk brimob sendiri kita ada program brimob nusantara, back up itu  seluruh wilaya NKRI, dari Aceh sampai dengan Papua kalau kita dapat perintah untuk melaksanakan tugas kita akan melaksanakan tugas disana," tutupnya.