Gubernur Sumsel intruksikan dinas supaya siaga banjir

id Wakil Gubernur,Herman Deru,Mawardi Yahya,genangan air,Organisasi Perangkat Daerah,berita sumsel,berita palembang

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru didampingi oleh Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya dan Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Darma Budhi, meninjau langsung saluran Sungai Baung yang meluap dan menyebabkan banjir di Kota Palembang (Dok.HumasProvSumsel/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengintruksikan kepada dinas terkait dalam jajarannya supaya siaga banjir saat musim penghujan sekarang ini.

"Saya bersama Wakil Gubernur Mawardi Yahya telah meninjau langsung saluran air di Kota Palembang untuk melihat kondisi air saat musim hujan," katanya di Palembang, Selasa.

Memang, lanjut dia, saat hujan air meluap sehingga itu dapat mengakibatkan genangan di beberapa titik titik dalam kota Palembang.

Bukan itu saja, kata dia, tetapi dirinya juga meninjau saluran air di sekitar Kantor Pemerintah Provinsi Sumsel itu karena bila musim hujan ada titik yang tergenang banjir.

Melihat permasalahan tersebut Gubernur Sumsel juga langsung memanggil Wakil Gubernur dan Organisasi Perangkat Daerah terkait untuk memastikan pompa air apakah berfungsi sebagaimana mestinya.

"Saya sengaja datang untuk melihat langsung ke sini bersama Wakil Gubernur Mawardi Yahya beserta dinas terkait untuk melihat langsung saluran yang meluap dan mengakibatkan banjir," kata dia.

Namun, katanya, setelah dilihat ternyata pompa berfungsi namun karena curah hujan cukup deras membuat sungai meluap dan tumpah ke jalan, ujar dia.

Memang, banjir disebabkan luapan air, sehingga Pemerintah Provinsi Sumsel akan segera mencari solusi untuk mengatasinya agar tidak terjadi lagi banjir seperti terjadi beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel mengintruksikan kepada dinas terkait untuk membantu wali kota Palembang agar cepat tanggap dalam menangani persoalan banjir supaya tidak menjadi keluhan masyarakat.

Dia juga mengimbau Kepala Daerah untuk siaga bencana banjir yang disebabkan curah hujan yang cukup deras.

"Kepala daerah harus tetap siaga di kabupaten dan kota masing-masing saat musim penghujan sekarang ini. Pemprov Sumsel berkomitmen membantu memberikan solusi terbaik, saya menghimbau kepala daerah saat musim hujan ini stand by di daerahnya," kata dia.

Sementara untuk masyarakat diingatkan untuk tidak membuang sampah yang menyebabkan saluran air tersumbat karena itu dapat mengakibatkan banjir.

"Mari bersama-sama menjaga kota Palembang supaya dapat meminimalisir genangan air saat musim penghujan," kata Herman Deru.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar