KPU kerahkan petugas soslialisasi tingkatkan partisipasi pemilih

id pemilu,KPU, sumsel,Ketua, sosialisasi, pemilu, kampanye

KPU kerahkan petugas soslialisasi tingkatkan partisipasi pemilih

Dok.(kpu-banjarbarukota.go/)

Palembang, (ANTARA News Sumsel) - 
Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan akan mengerahkan petugasnya untuk "door to door"  ke rumah warga mensosialisasikan tata cara mencoblos 17 April 2019 guna meningkatkan partisipasi pemilih pemilu mendatang.

Komisioner KPU Sumsel, Amrah Muslimin menyampaikan hal itu pada focus group discussion (FGD) dengan tema mencari strategi meningkatkan partisipasi pemilih di Pemilu 2019 oleh Forum Jurnalis Parlemen dan KPU Sumsel di Palembang, Sabtu.

Ia mengatakan, sosialisasi secara langsung dengan mendatangi rumah- rumah warga akan dilakukan dua bulan menjelang hari H pemungutan suara. 

Menurut dia, dengan cara ini sangat efektif untuk meningkatkan partisipasi pemilih. Tak hanya itu "door to door" yang akan dilakukan petugas KPU se-Sumsel juga dinilai dapat menghemat anggaran. 

"Jadi, kami tak hanya berpaku pada kegiatan yang ada anggaran saja. Door to door akan kami lakukan, minimal satu petugas mendatangi 10 rumah dengan membawa contoh surat suara dan mengajarkan bagaimana cara nyoblos," katanya.

Selain itu, lanjutnya KPU juga akan memanfaatkan media sosial untuk terus mensosialisasikan tahapan pemilu 2019 mendatang. 

"Bahkan tak menutup kemungkinan biduan orgen tunggal akan dijadikan duta untuk mensosialisasikan pemilu," tuturnya. 

Ia juga berharap, partai politik ikut berperan dalam meningkatkan partisipasi pemilih dengan cara menawarkan calon-calon kompeten dalam kontestasi pemilihan legislatif 2019 mendatang. 

Lebih jauh ia menyampaikan, KPU Sumsel menargetkan 77,5 persen partisipasi pemilih pada pemilu tahun depan. 

Ia mengakui, ada banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya partisipasi pemilih, diantaranya calon yang diusung partai politik tak sesuai selera yang diinginkan masyarakat, peran serta pemangku kepentingan kurang maksimal dalam mensosialisasikan pemilu. 

"Karena itu kami sangat bersyukur ada forum jurnalis parlemen yang ikut berkontribusi seperti FGD yang digelar hari ini. Semoga dengan kegiatan ini, dan keterlibatan semua kalangan, partisipasi pemilih 2019 terus meningkat," katanya.