Puluhan wartawan ikuti seminar jurnalistik

id jurnalistik,seminar,linggau,lubuklinggau

Puluhan wartawan ikuti seminar jurnalistik

Puluhan wartawan mengikuti seminar Jurnalistik yang diadakan oleh dinas Kominfo kabupaten Musi Rawas di Lubuklinggau, Sabtu (08/12) (ANTARA News Sumsel/Marjamin/Erwin Matondang/18)

Musi Rawas (ANTARA News Sumsel) - Puluhan wartawan mengikuti seminar jurnalistik  yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat.

Seminar mengangkat tema 'Menciptakan Informasi Yang Jujur,  Adil,  dan Bernilai Untuk Kemajuan Daerah'  dihadiri pewakilan media cetak dan elektronik yang  bertugas di kabupaten Mura. 

Dalam seminar tersebut pemateri yang dihadirkan Iman Hahyudi Perwakilan Dewan Pers, Irsyad Muhtar mantan Redaktur Media Indonesia, Alfarabi Dosen Komunikasi Universitas Bengkulu. 

Dalam sambutannya Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Mura Syaiful Igna mengungkapkan, informasi saat ini sudah menjadi kebutuhan utama manusia karena setiap bangun tidur masyarakat saat ini langsung mencari gadget.

"Sekarang asupan media setiap pagi selalu kita perlukan. Karena daerah yang maju adalah daerah yang menguasai informasi, baik cetak dan elektronik," kata dia di Lubuklinggau Sabtu.  

Menurut dia peran media sangat penting dalam menegakan pilar demokrasi di Indonesia. Salah satunya memberikan pencerahan dan kritik kepada pemerintahan. 

"Sebab fungsi media melakukan kontrol terhadap pemerintah dengan tidak mengesampingkan nilai-nilai demokrasi," ungkap dia. 

Namun ia berharap media saat ini mampu mengedepankan konfirmasi kepada pemerintah dengan harapan informasi yang dihasilkan bisa dipertanggung jawabkan. 

"Sehingga informasi yang dihasilkan dapat membantu percepatan pembangunan di Kabupaten Mura," tutup dia.