Jalan lintas Riau-Sumbar longsor lagi

id longsor,Jalan lintas Riau,jalur lintas sumatera,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Kabupaten Kampar,Polres Kampar

Jalan lintas Riau-Sumbar longsor lagi

Iilustrasi longsor (ANTARA News/Ridwan Triatmodjo)

Pekanbaru (ANTARA News Sumsel) - Jalan lintas Riau menuju Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) kembali terganggu karena longsor di XIII Koto Kampar Kilometer 110, Kabupaten Kampar, Kamis.

Kapolsek XIII Koto Kampar, AKP Budi Rahmadi ketika dikonfirmasi dari Pekanbaru menyatakan longsor sekitar 06.00 WIB. Material tanah dan batu menutupi sebagian badan jalan hingga menyebabkan kemacetan.

Ini adalah kedua kalinya terjadi di jalan itu, setelah sebelumnya Oktober 2018.

Ia menerangkan petugas Polsek XIII Koto Kampar dan Satlantas Polres Kampar datang ke lokasi lalu melakukan pengaturan arus lalu lintas. Kemacetan bisa ditanggulangi dengan sistem buka tutup, yakni kendaraan dari arah Riau ke Sumbar dan sebaliknya melewati lokasi longsor secara bergantian.

"Kini kendaraan masih bisa melewati jalan ini dengan system buka tutup yang diatur polisi," katanya.

Menurutnya pemerintah setempat akan mendatangkan alat berat dari Kementerian PUPR yang siaga di Posko Desa Merangin Kecamatan Kuok untuk membersihkan meterial longsor.

Kapolsek menghimbau pengguna jalan yang akan melalui daerah ini untuk berhati-hati dan waspada, sebab rawan longsor terutama saat hujan.

"Pengguna jalan diminta berhati-hati," ujarnya.

Jalur lintas Riau-Sumbar selama ini memang rawan longsor terutama saat hujan. Pemerintah Provinsi Riau sudah menetapkan status siaga banjir dan longsor menyusul meningkatnya curah hujan di wilayah itu hingga akhir 2018.

Selama 11 bulan terakhir, Provinsi Riau menyandang status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Penetapan tersebut dilakukan pada awal 2018 dan sempat mengalami perpanjangan pada Juni 2018, sebelum berakhir 30 November 2018.

Riau tidak akan memperpanjang status itu setelah sepanjang sebulan terakhir terjadi perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan.