Kontes sapi di Kabupaten Siak

id sapi,kerbau,peternak sapi,kontes sapi,pasar hewan,lintas daerah

Kontes sapi di Kabupaten Siak

Dokumentasi - Kelompok peternak sapi di Musi Rawas, Sumsel (ANTARA FOTO)

....Kontes ini guna menyukseskan program upaya khusus sapi atau kerbau induk wajib bunting....
Siak (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau, menggelar kontes sapi di pasar hewan Seminai Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, sebagai upaya meningkatkan kualitas bibit ternak dan produksi peternakan di daerah setempat.

"Gelaran kontes ternak sapi tingkat kabupaten Siak ini diikuti 46 sapi dari 12 kecamatan. Dinilai oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian serta Dinas Peternakan dan Perikanan Provinsi Riau baik secara kuantitatif maupun kualitatif," ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak Susilawati di Siak, Kamis.

Susi menyebutkan, penilaian terhadap ternak terus dilakukan Dinas Peternakan dan Perikanan Siak setiap tahun, namun langsung ke kandang-kandang peternak di setiap kecamatan. Kali ini dibuat berbeda untuk memancing antusias dan semangat peternak untuk meningkatkan kualitas ternak sapi dalam menyukseskan program upaya khusus sapi atau kerbau induk wajib bunting (Upsus Siwab).

"Dengan harapan munculnya antusiasme dan semangat dari peternak agar tahun berikutnya seluruh kecamatan bisa ikut andil, hingga pada akhirnya mampu melahirkan bibit-bibit sapi unggulan di Kabupaten Siak," harap Susi.

Kriteria penilaian dalam kontestan ini ada beberapa kategori, diantaranya sapi jantan maupun sapi betina hasil Inseminisasi Buatan (IB), sapi IB non Bali dan penilaian anak sapi (pedet) dari hasil embrio transfer (bayi tabung).

Bupati Siak Syamsuar menyebutkan kegiatan tersebut akan menjadi cermin keberhasilan program Upsus Siwab di Kabupaten Siak yang pelaksanaannya sudah memasuki tahun kedua di wilayah setempat.

"Ini merupakan wadah keberhasilan bidang peternakan di Kabupaten Siak guna meningkatkan produktivitas ternak dengan penerapan sistem manajemen pemeliharaan, pengelolaan ternak dan produksi yang baik," terang Syamsuar.

Kabupaten Siak kini sudah memiliki 311 kelompok ternak yang terdiri dari 2.661 rumah tangga dan tersebar di 14 Kecamatan.