Gubernur inisiasi pemerintah daerah beli beras petani

id beras,petani,sawah,herman deru,gubernur

Ilustrasi Persediaan Beras (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Gubernur Sumsel Herman Deru menginisiasi semua kabupaten/kota agar membeli beras langsung dari petani lokal. 

"Hari ini Sumsel menginisiasi kabupaten/kota dengan anggaran tertentu agar membeli beras petani, dengan demikian petani akan merasa diperhatikan, sejatinya petani tidak boleh keberadaanya di sia-siakan," kata Herman Deru pada Rapat koordinasi dengan Menteri Pertanian, Kamis. 

Menurutnya petani harus dijaga, tanpanya komitmen mendigdayakan sektor pangan tidak bisa dilakukan, terkhusus di Sumsel yang memiliki lahan pertanian cukup luas. 

Upaya meningkatkan sektor pangan tersebut juga direalisasikan dengan mengubah 200.000 hektar lahan rawa menjadi lahan pertanian melalui program 'Selamatkan Sejahterakan Petani' (SERASI).

Dia menerangkan pemprov  sangat serius dalam sektor pangan, karena gubernur menilai sektor tersebut ampuh menurunkan angka kemiskinan. 

"Angka penurunan kemiskinan Sumsel masih 13,10 persen, lebih tinggi dari rata-rata nasional yakni 9 persen, padahal potensi Sumsel bukan main banyaknya. Maka dari itu kami mulai dari sektor pertanian," ujar Herman Deru. 

Dia menjelaskan Sumsel merupakan provinsi dengan berkah alam yang sangat subur, pengelolaanya harus dengan komitmen tinggi,  maka ia meminta kepala daerah menegaskan oerda alih fungsi lahan agar tidak sembarangan mengubah lahan pertanian menjadi lahan industri

Dia menambahkan nantinya lewat konversi 200.000 hektar lahan rawa dan dibantu 10.000 bantuan alat pertanian tersebut bisa memberikan sumbangsih hingga Rp 12 Miliar. 

"Saya mengajak semua meyakini penurunan kemiskinan di Sumsel lebih cepat melalui sektor pertanian (pangan), adanya program konversi lahan rawa ini adalah langkah penting mengembalikan Citra sumsel sebagai lumbung pangan," ungkap Herman Deru.
 
Pewarta :
Editor: Erwin Matondang
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar