Pemkab Ogan Komering Ulu upaya wujudkan KLA

id kota layak anak,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,dinas sosial oku,Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Pemkab Ogan Komering Ulu upaya wujudkan KLA

Dokumentasi- Anak Sejumlah anak bersenam ria. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan berupaya untuk mewujudkan agar daerah setempat menyandang predikat Kota Layak Anak (KLA) guna memberikan perlindungan dan memenuhi hak anak di wilayah itu.

"Predikat ini harus diraih agar Baturaja, ibu kota kabupaten setempat kedepannya menjadi KLA," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Ogan Komering Ulu, Arman, di Baturaja, Rabu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, pihaknya melaksanakan gugus tugas seperti menggelar sosialisasi pengembangan KLA di Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan melibatkan pihak dari kejaksaan, kepolisian dan instansi terkait di Pemkab setempat.

"Sosialisasi pada pekan lalu ini kami gelar untuk percepatan Kabupaten Ogan Komering Ulu sebagai KLA," katanya.

Dia berharap, seluruh pihak terkait dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Ogan Komering Ulu yang terlibat dalam program tersebut dapat memfasilitasi dan bekerja sama agar Kota Baturaja kedepannya menyandang predikat KLA.

Dia menjelaskan, instansi terkait seperti dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dapat memberikan informasi tentang anak melalui website dan pihak Bappeda membuat ruang terbuka layak anak.

"Saat ini juga sudah ada beberapa rumah sakit, Puskesmas dan sekolah di Ogan Komering Ulu yang masuk kategori layak anak sehingga predikat tersebut diyakini bisa diraih," ujarnya.

Sebelumnya, Sekda Pemkab Ogan Komering Ulu, Ahmad Tarmizi mengatakan, tujuan meraih predikat KLA ini agar dapat memberikan perlindungan dan memenuhi hak anak,serta membentuk karakter pada setiap anak agar melakukan hal positif.

"Sebab, saat ini pengaruh internet dan media sosial sangat besar yang dapat mempengaruhi anak untuk berbuat menyimpang," kata dia.