Masyarakat Ogan Komering Ulu manfaatkan Prona

id Prona,Badan Pertanahan Nasional,sertifikat tanah secara gratis,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang

Masyarakat memperlihatkan sertifikat tanah yang baru saja diserahkan oleh Menteri BUMN RI Rini Soemarno di Palembang Sport and Convention Center (PSCC) Palembang. (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Baturaja, Sumsel (ANTARA News Sumsel) - Sejumlah masyarakat di Desa Batumarta I, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memanfaatkan Program Nasional (Prona) dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) dalam pembuatan sertifikat tanah secara gratis.

"Tahun ini saya mengikuti Prona guna membuat sertifikat hak atas tanah yang saya miliki," kata salah seorang warga Desa Batumarta I, Ogan Komering Ulu, Parman di Baturaja, Senin.

Menurut dia, tanah seluas lebih kurang satu hektare yang dimilikinya ini akan dibuatkan sertifikat secara gratis melalui Prona program dari Pemerintah Pusat tersebut.

"Mumpung gratis jadi disertifikatkan saja agar tanah saya memiliki kekuatan hukum," ujarnya.

Sementara Sekretaris Desa Batumarta I, Kecamatan Lubuk Raja, Aman Andesta secara terpisah menambahkan pada tahun ini tercatat sebanyak 620 persil tanah di desa setempat masuk daftar pembuatan sertifikat Badan Pertahanan Nasional (BPN) Ogan Komering Ulu.

Dia mengemukakan, masyarakat di desa itu saat ini memanfaatkan pembuatan sertifikat tanah secara gratis dari pemerintah pusat tersebut.

Dia menjelaskan, dalam pembuatan sertifikat prona ini masyarakat cukup melengkapi persyaratan seperti bukti kepemilikan tanah, fotokopi KTP, KK dan SPPT.

"Persyaratan tersebut harus dilengkapi agar dapat diproses. Jika sudah bersertifikat tentunya masyarakat tidak kesulitan lagi menjual tanahnya," kata dia.
Pewarta :
Editor: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar