Peserta Reuni 212 pulang ke daerah

id 212,reuni 212,monas

Peserta Reuni 212 pulang ke daerah

Kendaraan massa peserta Reuni 212 yang diparkir di badan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, di depan Wisma ANTARA, Minggu pagi (2/12/2018) membuat tidak bisa dilalui oleh kendaraan. (ANTARA News/Aditya Ramadhan)

Jakarta (ANTARA News Sumsel) - Para peserta aksi reuni akbar 212 kembali ke daerah masing-masing usai acara yang diselenggarakan di lapangan Monas, di Jakarta, Minggu.

 "Kami pulang sore ini ke Batam, setelah menginap selama satu malam," ujar seorang peserta dari Batam, Tomi Agus, saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

 Tomi mengatakan ia datang ke Jakarta hanya bersama seorang temannya. Namun di bandara saat pulang ke Batam, dia bertemu dengan para peserta reuni lainnya.

 Tomi mengaku mengeluarkan dana sendiri agar bisa ikut dalam aksi tersebut. Tidak hanya dana untuk transportasi, dia juga mengeluarkan dana untuk penginapan dan makan.

 "Tidak masalah, asalkan bisa ikut reuni ini," jelas dia.

 Dengan mengikuti reuni tersebut, dia mendapatkan pelajaran mengenai pentingnya persaudaraan Islam. Dia berharap rasa persaudaraan itu bisa terus terjaga.

 "Ini momen kebersamaan bagi umat Islam. Reuni ini, terlepas dari konstelasi politik merupakan momentum kebersamaan umat Islam," tambah dia.

 Dia menambahkan berdasarkan informasi yang diterimanya, setidaknya lebih dari 1.200 peserta yang berasal dari Batam. Dibandingkan tahun sebelumnya, Tomi mengatakan jumlah peserta kali ini lebih banyak.

"Saya kira lebih banyak, karena berdasarkan foto dari atas. Massanya banyak sekali," cetus dia.