Dinas Perhubungan buka trayek baru angkutan umum

id angkuta umum,Dinas Perhubungan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,angkutan umum oku

Dinas Perhubungan buka trayek baru angkutan umum

Bus angkuta umum dar Kementrian Perhubungan yang diterima Pemkab Ogan Komering Ulu (ANTARA News Sumsel/Edo Purmana)

Baturaja, Sumsel  (ANTARA News Sumsel) - Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan segera membuka trayek baru untuk angkutan umum di beberapa kecamatan di wilayah setempat.

"Trayek baru ini akan dibuka untuk di Kecamatan Lubuk Batang, Simpang Batumarta, Lengkiti dan Ulu Ogan," kata Kepala Dinas Perhubungan Ogan Komering Ulu, Aminelson di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan, dibukanya trayek baru tersebut mengingat Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu belum lama ini menerima bantuan lima unit angkutan umum Bus Rapid Transit (BRT) dari Kementrian Perhubungan RI.

"Untuk itu perlu dibuka trayek baru agar angkutan umum ini memiliki rute perjalanan mengangkut penumpang," jelasnya.

Angkutan umum BRT ini kata dia, direncanakan mulai beroperasional paling lambat pada Maret 2018 guna mengangkut penumpang di beberapa kecamatan tersebut.

Sebab lanjut dia, sebelum mulai dioperasikan kelengkapan kendaraan ini harus dilengkapi dulu seperti mengganti plat nomor polisinya yang akan diganti ke Nopol Kabupaten Ogan Komering Ulu.

"Kelengkapannya akan kami siapkan dulu sebelum dinyatakan layak jalan," katanya.

Menurut dia, bus angkutan ini memilki kapasitas sebanyak 40 penumpang terdiri atas 18 tempat duduk umum, dua kursi khusus disabilitas serta gantung tangan.

"Angkutan umum ini sejenis bus Tran Musi namun sudah memakai AC dan ada musik juga. Lengkap dengan alat keamanan serta sabuk pengaman disetiap kursi," ujarnya.