Korem Garuda Dempo terus tingkatkan swasembada pangan

id garuda dempo,swasembada pangan,berita sumsel,berita palembang,antara sumsel,antara palembang,Mayor Inf Aris Barunawan

Korem Garuda Dempo terus tingkatkan swasembada pangan

Mayor Inf Aris Barunawan. (korem044gapo)

Palembang (ANTARA News Sumsel ) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo terus meningkatkan produksi beras guna menyukseskan swasembada pangan dengan bekerja sama Dinas Pertanian di Sumatera Selatan.

Kapenrem 044/Garuda Dempo Mayor Inf Aris Barunawan di Palembang, Kamis mengatakan, dalam upaya menyukseskan program pemerintah itu pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian.

"Upaya untuk meningkatkan produksi pangan itu antara lain menambah luas tanam, dan juga percepatan dan penambahan panen lebih satu kali dalam setahun," kata dia.

Sementara untuk cetak sawah baru atau menambah luas tanam pada 2018 ini pihaknya bekerja sama dengan tiga kabupaten yakni Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu Timur dan Musi Banyuasin.

Kerja sama penambahan luar areal tanam itu telah ditandatangani Danrem Kolonel INF Iman Budiman bersama Dinas Pertanian setempat.

Danrem saat penandatangan lalu mengatakan, langkah itu sebagai bentuk tindaklanjut hasil pertemuan kerja sama Kodam II/Sriwijaya dengan Dinas Ketahanan Pangan Hortikultura dan Perkebunang Sumsel beberapa waktu lalu.

Kerja sama itu guna mewujudkan swasembada pangan secara nasional yaitu dengan menciptakan daerah-daearh baru sebagai lumbung pangan nasional, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, kerja sama membangun pertanian juga sejalan dengan amanah konstitusi yang tercantum dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dimana salah satu tugas TNI adalah pemberdayaan wilayah pertahanan didarat dalam konteks tersebut.

Oleh karena itu Korem akan tetap komitmen meneruskan program cetak sawah di wilayah Sumsel sehingga program swasembada pangan akan berkelanjutan.

Pihaknya percaya apabila semua itu dilakukan dengan tulus dan sungguh-sungguh maka swasembada pangan dan produksi beras semakin meningkat.

"Jadi dengan adanya perluasan tanam maka daerah ini dapat memenuhi kebutuhan beras yang lebih banyak lagi," tambah dia.